Kapolda Sumbar minta mahasiswa yang kabur kembali ke Padang lanjutkan pendidikan

id Fakhrizal,demo mahasiswa,perusakan gedung DPRD Sumbar,berita sumbar,berita padang,demo mahasiswa di DPRD Sumbar,polda sumbar

Kapolda Sumbar minta mahasiswa yang kabur kembali ke Padang lanjutkan pendidikan

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal. (ANTARA SUMBAR/Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal meminta mahasiswa yang kabur ke luar daerah karena takut ditangkap karena aksi perusakan yang mereka lakukan saat demonstrasi berujung anarkis di DPRD Sumbar pada Rabu (25/9) agar kembali ke Padang.

"Kita minta mereka pulang ke Padang dan kembali melanjutkan pendidikan mereka," kata dia di Padang, Senin.

Menurut dia seluruh mahasiswa yang melakukan perusakan telah terdata secara lengkap oleh kepolisian sesuai dengan bukti yang dikumpulkan.

Baca juga: Kapolda Sumbar tangguhkan penahanan tiga mahasiswa pelaku perusakan gedung DPRD Sumbar

"Saat ini kita telah periksa 15 orang, dan saat ingin memanggil yang lain ternyata mereka pergi ke luar daerah," katanya.

Ia memastikan tidak akan menangkap para mahasiswa tersebut, namun pihaknya ingin mereka datang sendiri ke Polda Sumbar untuk memberikan keterangan.

"Kita minta mereka sportif datang melaporkan aksi mereka. Kita tidak akan menangkap karena mereka harus melanjutkan pendidikannya," katanya.

Ia mengatakan tujuan awalnya aksi itu bagus karena unjuk rasa menyampaikan aspirasi dan itu diperbolehkan oleh undang-undang tapi begitu mereka anarkis itu melanggar hukum.

Baca juga: Polda tetapkan tiga mahasiswa sebagai tersangka perusakan gedung DPRD Sumbar

"Makanya dengan kerusakan kantor DPRD kita ambil tindakan," katanya.

Ia mengakui sampai saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Rektor UNP Ganefri soal upaya pembebasan mahasiswa dari masa tahanan.

"Tadi malam saya sudah ditelpon Pak Ganefri, juga memohon kepada Kapolda agar mahasiswa bisa kuliah. Kita harapkan mereka ini tidak mengulangi lagi seperti ini," katanya. (*)

Baca juga: Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus tolak pengesahan sejumlah RUU di DPRD Sumbar (video)

Baca juga: Demo mahasiswa di DPRD Sumbar, Polresta Padang siap amankan