Tanah Datar bersikukuh TdS lewati Danau Singkarak, Disparpora: jika tidak kami keluar

id Abdul Hakim,TdS 2019,Berita Tanah Datar,Berita sumbar,sumbar terkini,padang terkini,berita padang,tanah datar terkini

Kepala Dinas Pariwisata Tanah Datar, Abdul Hakim. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, SumateraBarat bersikukuh rute Tourde Singkarak(TdS) 2019 harus melewati Danau Singkarak yang merupakan nama eventahunan balapan sepeda internasional tersebut.

"Terus terang kami belum puas dengan hasil rapat koordinasi kabupaten/kota se-Sumatera Barat terkait rute yang akan dilalui pebalap TdS2019, hal ini karena belum adanya kepastian dari panitia akan melewati Danau Singkarak," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar,Abdul Hakim di Batusangkar Rabu.

Ia mengatakan hingga kini belum ada kepastian dari panitia, apakah melewati Danau Singakarakatau tidak. Padahal sebagaisimbol dari kejuaraan balapan sepeda internasional tersebut, Danau Singkaraksecara prinsip harus dilewati pebalap.

"Jika tidak melewatinyatentu Tanah Datar tidak perlu ikut, atau kami keluar," tegasnya.

Baca juga: Bupati: Tak melewati Danau Singkarak, Tanah Datar urung ikut TdS 2019

Sesuai arahan Bupati Tanah Datar IrdinansyahTarmizilanjut dia, pihaknya sudah menyampaikan semua usulan terkait TdS, yakni harus melewati Danau Singkarak dan diusulkan pada etape satu, jika tidak memungkinkan bisa pada etape enam.

Grand Start atau mulai dari Pantai Gandoriah Kota Pariaman dan finisdi Istano Basa Pagaruyungditambah rutenya melewati Danau Singkarak.

Jika sebelumnya pebalap langsung masuk ke arah Kubu Karambia Batipuh, maka ditambah ke arah Ombilinsehingga bisa melewati Danau Singkarak.

Sementara pada etape enam yang sebelumnya start di Dermaga Singkarak menuju Solok Selatan dipindahkan ke Arosuka, dan jika ditambahkan mengelilingi Danau Singkarak akan melebihi standar jarak pada even tersebut, katanya.

Ia mengatakan untuk kepastiannya panitia memang sudah berjanji akan turun kembali ke lapangan melakukan surveiketiga, yang jelas semua kabupaten/kota telah sepakat untuk dibicarakan lagi. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar