Solok Selatan Mendapat Tambahan Bantuan Rumah 100 Unit

id bantuan rumah, solok selatan

Ilustrasi bantuan perbaikan rumah melalui program pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH). (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mendapat tambahan bantuan perumahan dari pusat sebanyak 100 unit dan semuanya diperuntukkan untuk dibangun baru.

"Setiap rumah yang akan di bangun baru mendapat bantuan senilai Rp35 juta dan dalam minggu ini fasilitator akan turun ke lapangan untuk menilai apakah masyarakat yang namanya sudah terdaftar layak memperolehnya atau tidak", kata Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solok Selatan Alvino Sendra, di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, fasilitator yang akan turun kelapangan untuk menilai kelayakan penerima sudah dilatih di Provinsi.

Untuk nama penerima katanya, sudah ada oleh pihak Nagari yang akan diverifikasi oleh fasilitator di lapangan apakah layak atau tidak.

Bantuan ini katanya, tidak diseluruh nagari tetapi hanya beberapa sesuai usulan awal.

Dengan penambahan 100 unit ini tahun ini Solok Selatan mendapatkan bantuan perumahan sebanyak 380 unit karena melalui Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) juga ada 280 unit.

"Bantuan BSPS ini hanya untuk peningkatan kualitas dan tidak ada bangun baru," katanya.

Bantuan perumahan BSPS penerimanya tidak harus masyarakat miskin tetapi yang berpenghasilan rendah dan lebih diprioritaskan warga yang sudah memiliki swadaya seperti telah ada bahan bangunannya tapi belum mencukupi atau sudah memiliki dana untuk upah tukang.

Artinya masyarakat yang sudah memiliki dasar yang diutamakan menerima bantuan ini supaya lebih tepat sasaran dan langsung dipergunakan.

Selain itu, katanya, tahun ini Solok Selatan juga mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perumahan sebesar Rp2,8 miliar untuk 78 unit rumah.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar