Bupati lepas 242 calon haji Tanah Datar, satu ditunda berangkat karena sakit

id Irdinansyah Tarmizi,jamaah haji,tanah datar,sumbar

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi ketika melepas jamaah calon haji asal Tanah Datar, Rabu, (17/7). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Irdinansyah Tarmizi melepas keberangkatan 242 Jamaah Calon Haji (CJH) asal daerah itu di halaman gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (17/7).

Bupati Irdinansyahmengimbau masyarakat untuk mendoakan para calon haji asal Tanah Datar yang terpilih tahun ini menunaikan ibadah haji agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik, sehingga pulang menjadi haji mabrur.

Ia mengingatkan jamaah calon haji agar menjaga kondisi kesehatan dan stamina tubuh selama menunaikan ibadah yang dikabarkan saat ini cuaca di Arab Saudi melebihi 42 derajat celcius.

"Bulatkanlah niat kita ke tanah suci ini hanya untuk menunaikan ibadah. Jaga kesehatan serta kenali medan dimana kita menginap dan kemana jalan ke tempat ibadah," ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar Syamsul Bahri mengatakan jamaah calon haji asal Tanah Datar yang berangkat pada Kelompok Terbang 13 tergabung bersama jamaah calon haji asal Kota Padang Panjang, dan Kota Padang dengan jumlah 243 orang.

Dari 243 orang tersebut satu ditunda berangkat karena gangguan kesehatan yakni atas nama Rasaman (74) warga Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Ameh. Setelah dilakukan pemeriksaan ke rumah sakit dan konsultasi ke dokter, kesehatan Rasaman belum mengizinkan.

Sehingga diputuskan menunda keberangkatannya pada kloter terakhir bersama tiga orang jamaah calon haji tambahan kuota nasional untuk Tanah Datar. Serta jamaah calon haji asal Kabupaten Sijunjung, Kota Padang, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ia menjelaskan 10 persen dari 242 jamaah calon haji yang berangkat pada kloter 13 merupakan orang yang memiliki risiko tinggi karena faktor usia yang berada di atas 50 tahun. Perlu bagi mereka menjaga kondisi kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji.

"Ada tiga jamaah calon haji kita yang menggunakan kursi roda, semoga mulai berangkat, proses ibadah haji, hingga kembali ke Tanah Datar kondisinya baik." ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Irman juga mengingatkan jamaah calon haji agar menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji dan meminta untuk membekali diri dengan ilmu yang diajarkan sebelum keberangkatan, dan perbanyak mengingat Allah untuk mendapatkan pertolongannya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar