Tim Provinsi Nilai Didikan subuh masjid Iqrar kelurahan IX Korong, Kota Solok

id Didikan subuh

Tim Provinsi Nilai Didikan subuh masjid Iqrar kelurahan IX Korong, Kota Solok

Didikan subuh di masjid Iqrar kelurahan IX Korong, Kota Solok. (ANTARA SUMBAR/ist)

Solok (ANTARA) - Didikan subuh masjid Iqrar kelurahan IX Korong, Kota Solok dinilai tim provinsi Sumatera Barat dalam lomba didikan subuh berprestasi tingkat Provinsi.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar Syaifullah, di Solok, Minggu mengatakan lomba didikan subuh berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat sudah dimulai sejak tahun 2009.

"Penilaian yang dilakukan di TPA dan TPQ Masjid Iqrar IX Korong ini seperti baca Al Quran, pidato, sholat jenazah dan dialog interaktif untuk menggali sejauh mana kemampuan anak-anak mengetahui agama islam," katanya.

Adapun beberapa hal yang menjadi poin penilaian oleh tim penilai, yakni penampilan para santri yang dimulai dari penampilan wajib dan penampilan tambahan, kemudian partisipasi orang tua dan juga masyarakat sekitarnya.

Tim penilai terdiri dari Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumatera Barat, Fakultas Adab UIN Imam Bonjol Padang dan dari Biro Bina Mental Pemprov Sumbar.

Sementara itu, Wali Kota Solok Zul Elfian mengimbau agar anak-anak cinta dan terpaut hatinya ke masjid dan Al Quran. Sehingga generasi penerus Kota Solok nantinya akan menjadi pemimpin yang kuat untuk kedepannya dan amanah.

Selanjutnya, kegiatan didikan subuh merupakan suatu gerakan terus- menerus yang harus dilakukan, guna menciptakan generasi yang kuat imannya.

Apabila kegiatan keagamaan selalu digalakkan, Kota Beras Serambi Madinah tentunya akan bersama bisa diwujudkan.

"Kami di Solok didukung penuh oleh DPRD, lembaga adat, tokoh masyarakat serta seluruh elemen guna mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah," ujarnya.

Plt Kepala Kantor Kemenag Kota Solok Afrizen mengatakan, inilah salah satu ciri khas Kota Beras Serambi Madinah, koordinasi Pemko Solok dan Kemenag beserta tokoh keagamaan berjalan sangat baik dalam mewujudkan Solok Kota Beras Serambi Madinah.

"Kami juga sudah menyaksikan, bagaimana anak-anak belajar di MDTA sejak dini untuk cikal bakal pemimpin yang baik nantinya," ujarnya.

Menurutnya, tidak hanya di Masjid Iqrar IX Korong, namun seluruh MDTA se Solok telah melakukan kegiatan didikan subuh seperti di masjid ini, serta nantinya akan mengaplikasikan ilmu tersebut dalam kehidupan.(*)