Gangguan sistem kelistrikan akibat ada pohon dekat saluran transmisi

id PLN,Gangguan transmisi,Kelistrikan,Padang

Gangguan sistem kelistrikan akibat ada pohon dekat saluran transmisi

Ilustrasi-Petugas PLN tengah memasang alat Automatic Change Over Switch (ACOS) pada setiap genset yang disiagakan. (dedi)

Padang (ANTARA) - Sempat adanya gangguan sistem kelistrikan yanb terjadi di sebagian wilayah Sumatera Barat, pada 4 Juli 2019, akibat adanya pohon atau tanaman keras milik masyarakat yang mendekati saluran transmisi.

"Benar terjadi gangguan sekitar pukul 14.05 Wib pada Kamis (4/7) disebabkan adanya pohon (tanaman keras) milik masyarakat yang mendekati saluran transmisi 150 kV yang berlokasi di Koman Kaciak Kandang Baru Kabupaten Sijunjung," kata Manager Sub Bidang Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat, Remialis seperti dirilis, Jumat.

Ia mengatakan bahwa akibat gangguan listrik tersebut menyebabkan pemadaman sebesar 60 MW dari beban total wilayah Sumatera Barat 590 MW.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya pemadaman listrik akibat gangguan serupa, PLN mohon dukungan dari masyarakat agar dapat mengizinkan atau merelakan pohonnya untuk dilakukan pemangkasan atau penebangan.

Pihak( PLN Sumbar meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan akibat terjadinya pemadaman yang disebabkan oleh tegangan hilang di jaringan transmisi tersebut.