Dispar Padang antisipasi gangguan keamanan saat libur lebaran

id wisata padang,keaman wisatawan,libur lebaran,Pokdarwis,Padang,Sumbar,Sumatera Barat,Wisatawan,Lebaran,Idul Fitri

Dispar Padang antisipasi gangguan keamanan saat libur lebaran

Kota Tua, salah satu destinasi wisata di Kota Padang, Sumbar. ANTARA/Miko Elfisha.

Padang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Padang Sumatera Barat menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasi gangguan keamanan pada wisatawan yang berkunjung saat libur Lebaran 1445 Hijriah.

"Kita bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mendirikan posko pengamanan di beberapa destinasi wisata. Ini untuk mengatasi potensi gangguan keamanan selama musim libur lebaran," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan, gangguan yang biasanya terjadi saat musim liburan adalah pemalakan parkir dan ketok harga oleh pedagang.

Wisatawan yang merasa dirugikan karena hal tersebut, bisa melapor ke posko yang disiapkan Pemkot.

Menurutnya, Pemkot Padang juga tengah menyiapkan nomor kontak pengaduan yang bisa diakses oleh wisatawan.

Selain itu, Pemkot Padang juga memasang bilboard yang mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap tindakan pemalakan dan melaporkan jika menemukan kejadian tersebut.

"Kita juga akan mengimbau secara berkala melalui pengeras suara di destinasi wisata agar tidak ada oknum yang mencari keuntungan dengan tindakan melanggar hukum seperti pemalakan," katanya.

Jika masih ditemukan ada tindakan pemalakan di lapangan, maka pelaku akan ditindak tegas karena Pemkot Padang juga bekerja sama dengan Polres setempat untuk memberantas hal tersebut.

"Kita berharap dengan langkah antisipasi yang disiapkan ini, wisatawan yang datang ke Kota Padang bisa lebih aman dan nyaman dalam berwisata," katanya.

Menjelang libur lebaran, Dinas Pariwisata Padang juga merangkul kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk menyiapkan tempat dan atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan.

Ada beberapa objek wisata baru yang bisa dinikmati wisatawan di Kota Padang pada musim libur lebaran kali ini, di antaranya wisata menunggang kuda, memanah dan motor ATV di Pasir Jambak, kemudian destinasi wisata Kolam Hiu di Kawasan Teluk Buo.*