Penerimaan siswa baru di Sumbar mulai dibuka 25 Juni

id Penerimaan Peserta Didik Baru,Disdik Sumbar,Penerimaan Siswa Baru

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri (ANTARA SUMBAR/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Sekolah Luar biasa di Sumatera Barat akan dimulai pada 25 Juni 2019, kata pejabat setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri di Padang, Kamis, menjelaskan pendaftaran bisa dilakukan secara offline dan online.

Pendaftaran secara offline mulai dilakukan pada 25 sampai 28 Juni bagi peserta yang berasal dari luar zonasi dan dalam zonasi untuK siswa berprestasi, perpindahan orang tua, dan anak guru terkait.

Selain itu, pendaftaran secara offline juga dilakukan bagi sekolah-sekolah di daerah yang tidak mempunyai jaringan internet sehingga calon siswa harus mendaftar langsung ke sekolah yang dituju.

"Pendaftaran offline bagi sekolah yang tidak memiliki jaringan internet dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran online pada 4 sampai 6 Juli untuk tahap pertama dan pada 11 sampai 12 Juli tahap kedua," terangnya.

Pada pendaftaran secara online, Dinas Pendidikan Sumbar bekerja sama dengan server di UNP.

"Di tahun lalu mengenai server tidak ada kendala. Harapannya di tahun ini juga begitu," ujarnya.

Baca juga: Disdik Sumbar dinilai lamban, penerimaan siswa SMA/SMK Molor

Penerimaan siswa baru menggunakan sistem zonasi untuk menghindari persepsi masyarakat tentang sekolah favorit, karena semua sekolah itu sama yang bertujuan untuk menuntut ilmu.

Ia mengungkapkan bahwa penerimaan siswa baru tersebut sempat terganjal karena masih menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) Sumbar mengenai hal tersebut.

"Saat ini Kemendagri sudah memfasilitasi jadi pendaftaran tersebut sehingga sudah bisa dijadwalkan," katanya.

Ia juga menambahkan terkait PPDB untuk SLB dimulai pada 4 sampai 13 Juli 2019 secara langsung ke sekolah yang dituju. "Hari pertama sekolah akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2019," katanya.

Baca juga: Jelang ajaran baru, warga Agam "geruduk" Disdukcapil

Baca juga: Cegah otak-atik kelulusan siswa, Disdik diminta transparan umumkan kuota penerimaan siswa baru

Baca juga: Penerimaan siswa baru SMA/SMK di Sumbar usai lebaran


Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar