Taman Kitiran QTC 1000 Kincir Angin destinasi wisata baru di Kota Solok

id Taman Kitiran Qualified Training Center,Kincir angin,1000 kincir angin

Taman Kitiran QTC 1000 Kincir Angin destinasi wisata baru di Kota Solok

Pengunjung saat menikmati suasana dan berswafoto di Taman Kitiran QTC, Kelurahan Tanjung Harapan, Kota Solok. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Taman Kitiran Qualified Training Center (QTC) dengan pesona alam perbukitan yang dihiasi 1000 kincir angin menjadi destinasi wisata baru untuk berswafoto, belajar Tahfidz, dan berkemah di Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Pengelola Taman Kitiran Qualified Training Center (QTC) Puncak 1000 Kincir Angin, Diki Asnur di Solok, Kamis menyebutkan Taman Kitiran QTC awalnya merupakan sanggar Quran dan pelatihan Tahfidz yang dibuka sejak Februari 2019.

Sebelumnya QTC fokus pada pengembangan sumber daya manusia dalam bidang training, outbound, Tahfidz, camping atau berkemah dan lainnya yang telah berkembang di Kota Solok.

"Dalam menciptakan wahana baru bagi Hafidz Quran yang tergabung dalam program sanggar Quran dan Pelatihan Tahfidz QTC di Solok, kami berupaya memberikan suasana religi yang menyatu dengan alam, serta nyaman," ujarnya.

Ia menjelaskan Taman Kitiran diambil dari bahasa jawa yang berarti taman kincir angin atau baling- baling. Taman Kitiran QTC Puncak 1000 Kincir Angin ini memiliki konsep Eko Wisata, wisata edukasi, berkemah dan wisata kuliner.

Dalam mengembangkan Taman Kitiran tersebut ia juga melibatkan pemuda setempat untuk membuat 1.000 kincir angin yang terbuat dari kertas mika jenis katon dengan ketebalan dua ml yang tahan air, hujan dan angin.

"Kami juga memiliki target 4.000 kincir angin, sekarang baru 1.000," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Tanjung Paku, Yenna Muryati mengatakan ini sebuah destinasi wisata yang sangat bagus dikunjungi bagi keluarga dan remaja Kota Solok.

"Karena selain berwisata menikmati suasana yang bagus, dan penampakan kincir angin yang penuh warna- warni, pengunjung juga bisa belajar di sanggar Quran Taman Kitiran dengan diajarkan oleh pengajar yang berkompeten," katanya.

Menurutnya, konsep wisata religi yang dipadukan dengan alam sangat bagus, selain belajar pengunjung juga bersatu dengan alam, sehingga secara tidak langsung pengunjung akan merasa nyaman dan betah.

Yennna Muryati juga menyebutkan akan terus mendukung pengembangan Taman Kitiran QTC puncak 1000 Kincir Angin dan nantinya akan menambah hal apa saja yang akan dibutuhkan oleh wisata tersebut.

Seorang pengunjung, Yunisha menyebutkan Taman Kitiran QTC Puncak 1000 Kincir angin terletak sekitar 2,3 Km dari pusat Kota Solok, dengan kondisi jalan berbukit dan curam yang sedikit memacu adrenalin pengunjung saat menuju lokasi tersebut.

"Tapi semua ini terbalaskan dengan keindahan alamnya," ujarnya.

Yuni sengaja memilih Taman QTC Puncak 1000 Kincir untuk menjadi salah satu tempat berswafoto bersama teman sebayanya.

"Ini salah satu destinasi wisata kekinian rekomendasi di Solok, yang sengaja dipilih bersama teman-teman untuk berswafoto dan menikmati suasana alamnya," ujarnya.

Menurutnya, selain suasana yang sejuk dengan perbukitan yang menjulang tinggi, Puncak 1000 Kincir angin juga cocok menjadi tempat wisata keluarga yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan di sini.