Persediaan darah di RSUD Lubukbasung cukup selama Ramadhan

id Donor Darah,RSUD Lubukbasung,PMI

Persediaan darah di RSUD Lubukbasung cukup selama Ramadhan

(ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/wsj. )

Lubukbasung (ANTARA) - Persediaan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, cukup untuk membutuhkan selama Ramadhan 1440 Hijriyah.

Direktur RSUD Lubukbasung, Syahrizal Antoni di Lubukbasung, Senin, mengatakan saat ini persediaan darah ada 15 kantong di Unit Trasfusi Darah RSUD Lubukbasung.

"Darah itu berbagai golongan dan akan diserahkan kepada pasien yang membutuhkan," katanya.

Ia mengatakan, kebutuhan darah di RSUD Lubukbasung sekitar 90 kantong setiap bulan.

Untuk mengatasi kekurangan darah, keluarga pasien harus mengganti darah yang mereka ambil dengan darah baru.

Apabila keluarga pasien tidak bisa mengganti darah, mereka harus menghubungi pendonor aktif di RSUD itu untuk mendonorkan darah mereka.

Pendonor aktif di RSUD setempat 100 orang berasal dari Satpol PP Damkar, Polres Agam, ASN dan masyarakat siap mendonorkan darahnya apabila pasien membutuhkan.

Sebelum Ramadhan, RSUD Lubukbasung juga mengadakan donor darah di PT Mutiara Agam dalam mengantisipasi kekurangan darah.

"Kita mendapatkan 18 kantong darah dari karyawan PT Mutiara Agam untuk persiapan Ramadhan," katanya.

Tempat terpisah Community Development Officer (CDO) PT Mutiara Agam, Gema Saputra menambahkan donor darah dilakukan jelang Ramadhan itu merupakan donor darah yang pertama di PT Mutiara Agam.

Kedepan kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin satu kali tiga bulan dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan darah.

"Potensi karyawan yang akan mendonorkan darah sekitar 40-50 orang. Saat pelaksanaan jelang Ramadhan, karyawan belum siap akibat kurang istirahat sehingga hanya 18 karyawan yang ikut donor," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar