PDI Perjuangan peroleh paling banyak kursi DPRD di Mentawai

id PDIP

PDI Perjuangan (Antara Sumut) (Antara Sumut/)

Tuapeijat (ANTARA) - Usai pleno penetepan hasil perhitungan suara pemilu 2019 (Pilpres dan Pileg) yang dilakukan KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sabtu, (4/5), PDI Perjuangan peroleh kursi paling banyak untuk DPRD Mentawai dibanding dengan partai lain untuk periode 2019-2024.

Jumlah kursi DPRD Mentawai saat ini ada 20, dari jumlah tersebut PDI Perjuangan memperoleh 4 kursi yakni 2 kursi di dapil 3 (Siberut, satu kursi di dapil 1 (Sipora) dan 1 kursi untuk di dapil 2 (PUS).

Berdasarkan data hasil rekap perhitungan suara Pilpres dan Pileg tingkat kabupaten yang telah dilakukan dan ditetapkan KPU Mentawai pada Sabtu, (4/5), untuk Pileg tingkat Mentawai PDI Perjuangan meraup suara partai politik dan calon yang jumlahnya tertinggi.

Dikalkulasikan perolehan suara partai dan suara calon, PDI Perjuangan paling unggul memperoleh suara tertinggi untuk Pileg tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai dibanding partai lain yakni sebanyak 8.060, bahkan setiap dapil PDI Perjuangan mendominasi.

Kemudian perolehan kursi terbanyak kedua adalah Partai Nasdem memperoleh 3 kursi yang tersebar disetiap dapil (Siberut, Sipora dan PUS) masing masing dapil dapat satu kursi untuk Partai Nasdem.

Partai Golkar, Perindo, Garuda, Gerindra, PAN dan Demokrat memperoleh jatah 2 kursi di DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, sementara Partai Hanura pada periode 2019-2024 hanya dapat meraih satu kursi.

Pada periode 2014-2019, perolehan kursi Partai Golkar untuk DPRD Mentawai berjumlah 4, jumlah tersebut masih sama diperoleh PDI Perjuangan dimana pada waktu itu Mentawai masih 4 dapil.

Namun pada 2019-2024 Partai Golkar hanya memperoleh 2 kursi dari diwakili dapil Siberut dan PUS, sementara di wilayah Sipora tak ada kader Golkar yang duduk di DPRD Mentawai, kemudian Partai Nasdem pada periode 2019-2019 masih tetap memperoleh 3 kursi.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar