Nagari Bukit Tandang wakili Solok lomba Forikan Sumbar

id Forikan Sumbar

Nagari Bukit Tandang wakili Solok lomba Forikan Sumbar

Rombongan penilai Forikan Sumbar tiba di Nagari Bukit Tandang. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Arosuka (ANTARA) - Nagari Bukit Tandang, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok dinilai dalam penilaian Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) tingkat Sumatera Barat.

"Pada hari ini kami akan melakukan penilaian dan seleksi pada Nagari Bukit Tandang, dengan melengkapi persyaratan yang telah kami tentukan," kata Ketua Tim Penilai Forikan Sumatera Barat, Dewi Nofita di Nagari Bukit Tandang, Senin.

Ia menjelaskan penilaian ini dalam rangka mengakselerasi peningkatan konsumsi ikan masyarakat dan menyinergikan kegiatan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Sumatera Barat dengan kabupaten atau kota

"Maka dilaksanakan lomba implementasi Forikan di nagari atau kelurahan dan lomba implementasi gemar ikan pada kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini," sebutnya.

Menurutnya, visi Forikan Sumatera Barat menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan sehari-hari dan misinya mewujudkan masyarakat yang mengonsumsi ikan setiap hari dalam menu keluarga.

Forikan merupakan lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah dalam rangka menyatupadukan gerak langkah unsur yang bertanggung jawab terhadap suksesnya gerakan peningkatan konsumsi ikan terutama di Sumatera Barat kemudian secara Nasional.

Forikan di Sumatera Barat diharapkan dapat meningkatkan upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan secara kontinyu dan berkelanjutan melalui berbagai macam kegiatan.

"Sehingga pada akhirnya merubah pola pikir dan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan agar sehat, kuat dan cerdas," sebutnya.

Pada 2019, ada delapan kabupaten dan kota yang masuk dalam kategori penilaian yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti lomba salah satunya Kabupaten Solok.

Lomba penilaian ini diantaranya untuk melihat aktivitas Forikan kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

Selain itu memotivasi Forikan kabupaten dan kota dalam implementasi percepatan pencapaian peningkatan konsumsi ikan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Ketua Forikan Kabupaten Solok diwakili Radiatul Hayat mengucapkan selamat kepada Nagari Bukit Tandang, Kecamatan Bukit Sundi yang telah mewakili Kabupaten Solok ke tingkat Sumatera barat.

"Tim penilai lomba forikan nagari atau kelurahan Sumbar telah menyebutkan Kabupaten Solok secara administrasi telah masuk nominasi kategori lomba Forikan nagari," katanya.

Ia berharap kepada tim penilai lomba Forikan tingkat Sumatera Barat dapat menilai dengan baik dan menetapkan Kabupaten Solok menjadi juara pertama sehingga mewakili provinsi Sumatera Barat di ajang nasional nantinya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar