Reinier: Satpol PP dan Linmas turut amankan pelaksanaan pemilu

id HUT Satpol PP,HUT Satlinmas,Reinier

Reinier: Satpol PP dan Linmas turut amankan pelaksanaan pemilu

Wakil Wali Kota Solok, Reinier saat memimpin peringatan HUT Satpol PP, Damkar, dan Linmas di Solok, Senin. . (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier, meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban pelaksanaan Pemilu 2019.

"Satpol PP dan Damkar serta Linmas diharapkan berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan serta aktif mengamankan pemilu serentak 2019 sebagai elemen penting demokrasi," katanya di Solok, Senin.

Hal itu disampaikan Reinier saat peringatan ke 100 HUT pemadam kebakaran, HUT ke 69 Satpol PP dan HUT ke 57 Satlinmas.

Satpol PP, Damkar dan Linmas harus siap sedia dan tanggap jika terjadi kerusuhan ataupun perselisihan dalam proses pe

"Kalianlah ujung tombak dalam mengamankan daerah termasuk pemilu nantinya membantu polisi dan TNI," sebutnya.

Peran penting Satpol PP dan Damkar, Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Tugas damkar melakukan pencegahan, penyelamatan dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran.

Satpol PP dibentuk untuk menegakkan perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat.

Sementara Satlinmas dibentuk untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, memelihara ketertiban dan ketentraman masyarakat, keamanan penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan negara.

Reinier berharap perayaan HUT ini tidak hanya sebagai forum mengenang masa lalu. Tetapi sebagai sarana meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat.

Peringatan HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas hendaknya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi pancasila, dan menjadi sarana pemersatu bangsa.

"Saya juga mengucapkan terima kasih pada dedikasi dan kinerja saudara selama ini. Semoga prestasi dan kinerja selama ini dapat ditingkatkan kembali sehingga membawa rasa keamanan di setiap masyarakat," ujarnya. (*)