Masuk lima besar, tim penilai Provinsi Sumbar kunjungi Dasawisma Katapiang V Solok

id dasawisma Kataping

Masuk lima besar, tim penilai Provinsi Sumbar kunjungi Dasawisma Katapiang V Solok

Tim penilai dari provinsi meninjau dasawisma Kataping V, Kelurahan Aro IV Korong, Kamis (21/2). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antaranews Sumbar) - Tim Penilai Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019 mengunjungi Kelompok Dasawisma Katapiang V, Kelurahan Aro IV Korong, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok guna menilai dasawisma tersebut di lapangan secara nyata.

"Guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan kader dasawisma telah dilakukan berbagai upaya seperti melakukan pelatihan dan orientasi bagi kader dan ketua dasawisma," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian diwakili Asisten I Nova Elfino di Solok, Kamis.

Ia menyebutkan pemantapan gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diperlukan sehingga ketua dan kader dasawisma dalam melakukan kegiatan dapat betul-betul memahaminya, serta mampu cerdas dan cermat memahami tantangan dan kebutuhan masyarakat.

"Saya berharap tim penilai provinsi tidak hanya menilai tapi dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada Dasawisma Kota Solok agar lebih baik lagi kedepannya," sebutnya.

Menurutnya, Kota Solok memerlukan Perda pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan hak dan peran wanita di daerah tersebut.

Sementara itu, Elinda Alwis menyebutkan tujuan utama tim penilai provinsi kali ini ialah melakukan penilaian lapangan kelompok dasawisma berprestasi, untuk melihat dan mendapat informasi nyata dasawisma Katapiang V.

Penilaian ini dilakukan karena kelompok Dasawisma merupakan ujung tombak kegiatan PKK. Bagi Ketua dasawisma yang telah melakukan tugas dengan baik, juga akan dilakukan pemilihan ketua kelompok dasawisma terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Seperti diketahui, keberhasilan gerakan PKK sangat berkaitan erat dengan keberhasilan dasawisma sebagai ujung tombak gerakan PKK. Apabila dasawisma tumpul, maka seluruh program PKK tidak akan berhasil.

"Kader dasawisma mendukung program pemerintah berkenaan data kondisi masyarakat setempat, seperti pendataan rumah layak huni, ibu hamil, bayi baru lahir, anak kekurangan gizi, bahkan stunting bisa terdata oleh dasawisma," sebutnya.

Elinda Alwis juga memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada seluruh kader dasawisma yang telah bekerja ikhlas dan tidak mengharapkan pamrih dalam melakukan kerjanya.

Dalam menghadapi pemilu serentak, dihimbau seluruh kader pkk dan dasawisma jangan sampai ada yang Golput.

Ketua Rombongan tim penilai Elinda Alwis beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian, Wali Kota Solok diwakili Asisten I Setda Kota Solok Nova Elfino, Para kepala OPD, Camat, Lurah, LKAAM Kota Solok, dan Bundo Kanduang Kota Solok. (*)