PMI jalin kerja sama dengan perusahaan penuhi kebutuhan darah

id Donor Darah,PMI Solok Selatan

Sekretaris PMI Solok Selatan mendonorkan darah saat melakukan donor di PT KSI, Selasa. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Palang Merah Indonesia (PMI) Solok Selatan, Sumatera Barat, menjalin kerja sama dengan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan darah Unit Transfusi Darah (UTD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

"Kegiatan donor darah dengan PT Kencana Sawit Indonesia dijadwalkan menjadi kerjasama rutin guna memenuhi kebutuhan darah di UTD RSUD setempat", kata Sekretaris PMI Solok Selatan, Oriza di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan PMI melakukan pelbagai upaya untuk memenuhi ketersediaan stok darah di UTD RSUD Solok Selatan salah satunya dengan menggelar donor darah keliling ke purusahaan yang ada.

Kegiatan ini, katanya, juga memberikan sosialisasi kepada calon pendonor atas manfaat donor darah.

"Saat ini, UTD membutuhkan darah sekitar 100 kantong per bulannya dan donor keliling ini, merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan yang ada termasuk menjalin kerjasama dengan perusahaan," ujarnya.

Perusaahan dinilai memiliki karyawan yang cukup banyak dan diprediksi akan mampu memenuhi kebutuhan darah jika dilakukan secara rutin.

Humas PT KSI, Taufik mengatakan pihaknya membuat sebuah MoU dengan PMI Solok Selatan dalam kegiatan donor darah ini.

"Ini merupakan kegiatan yang ke tiga kali sejak 2018 dan kami menjadwalkan donor darah minimal setiap enam bulan sekali," katanya.

Pihak PT KSI, menyarankan kepada seluruh karyawan untuk melakukan donor darah sebagai bentuk dukungan untuk PMI dalam memenuhi kebutuhan darah.

Pada Selasa 13/2 PMI Solok Selatan menggelar donor darah di PT KSI dan berhasil mengumpul 100 kantong darah.

Kegiatan ini, juga akan dilakukan di perusahaan lain yang ada di Solok Selatan supaya bisa memenuhi kebutuhan darah di UTD RSUD Solok Selatan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar