Payakumbuh miliki akademi karate Lemkari pertama

id akademi,karate,payakumbuh,pertama,sumbar

Payakumbuh miliki akademi karate Lemkari pertama

Penampilan Karateka Payakumbuh di SMKN 4 Payakumbuh (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) – Pemerintah Kota Payakumbuh meresmikan Akademi Karate Latina Klub (AKLC) di SMKN 4 Payakumbuh bersamaan dengan pelantikan pengurus cabang Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) Kota Payakumbuh, Selasa.

"Payakumbuh harus bangga karena akademi karate ini adalah yang pertama di Sumbar tepatnya di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori," ujar Ketua Umum (Ketum) Lemkari Sumbar, Firdaus Ilyas, usai peresmian di Payakumbuh, Selasa.

Setelah meresmikan akademi karate pertama Lemkari, Firdaus Ilyas melantik YK Dt Patiah Baringek sebagai Ketua Pengurus Cabang Kota Payakumbuh dan Bripka Ansharullah sebagai Wakil Ketua.

Bripka Ansharullah selaku penggagas AKLC mengatakan dengan didirikannya akademi karate generasi muda Payakumbuh bisa berprestasi dalam kejuaraan karate.

"Keberadaan AKLC akan membantu terbentuknya karateka handal yang nantinya akan mengharumkan nama Payakumbuh di tingkat provinsi, nasional, ataupun internasional," ujarnya.

Payakumbuh juga salah satu daerah yang menjadi lumbung para karateka yang selain Padang dan Padang Pariaman.

"Prestasi karateka Payakumbuh sebelumnya berhasil ditorehkan seperti prestasi best of the best pada kejuaran Lemkari, juara I turnamen karate internasional di Padang, juara I Bhayangkara Cup, dan beberapa prestasi lainnya," ujarnya.

Akademi Karate ini melatih siswa yang berminat mulai dari tujuh tahun sampai 17 tahun atau kelas 1 SMA,” kata dia.

Selain itu AKLC ini juga memiliki sarana penginapan bagi atlet-atlet yang kurang mampu dan berprestasi.

"Pendidikan mereka juga dijamin minimal sampai tamat SLTA, jadi kita tidak hanya mengejar prestasi di bidang olahraga tapi yang lebih utama adalah pembentukan karakter kita terapkan seperti shalat subuh berjamaah,” urainya.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi yang melakukan pemotongan pita peresmian AKLC berjanji untuk memberikan dukungan dari sisi anggaran untuk perkembangan akademi karate tersebut.

“Jujur saja ini perlu kita dukung karena yang seperti ini yang kita butuhkan untuk kemajuan Payakumbuh," kata Riza.(*)