Inkanas Sumbar raih juara umum di Kejurda karate Solok Championship II

id Inkanas Sumbar, raih, juara umum, di Kejurda, karate Solok, Championship II,solok

Inkanas Sumbar raih juara umum di Kejurda karate Solok Championship II

Inkanas Sumbar saat penyerahan piala juara umum di Kejurda karate Solok Championship II (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Institut Karateka Nasional (Inkanas) Sumatera Barat berhasil meraih juara umum di Kejurda karate Solok Serambi Madinah Championship II dengan perolehan 20 medali yang terdiri atas 14 emas, lima perak, dan satu perunggu.

Wali Kota Solok melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok Nurzal Gustim di Solok, Senin, mengatakan secara resmi telah diumumkan para juara pada ajang kejuaraan daerah karate Solok Serambi Madinah Championship II yang memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Solok di GOR Alimin Sinapa Kota Solok.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih untuk para atlet, dewan juri dan wasit yang telah memberikan tontonan menarik bagi masyarakat Kota Solok,” ujar Nurzal.

Ia juga menyebutkan event kejurda karate Solok Championship II diikuti 1.053 atlet dari 65 kontingen yang berasal kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

Kegiatan tersebut juga telah membantu meningkatkan pendapatan UMKM Kota Solok dengan banyaknya kunjungan dari atlet serta penonton dari daerah lain dan meningkatnya hunian penginapan kos dan homestay di sekitaran GOR Alimin Sinapa.

“Kami berharap Bapak Ibu dewan juri, wasit dan seluruh atlet senang berkunjung ke Kota Solok, kami tunggu kehadiran dan partisipasinya pada event-event selanjutnya,” ucap dia.

Rangkaian penyelenggaraan kejuaraan daerah karate Solok Serambi Madinah Championship II selama tiga hari telah berakhir dengan hasil kontingen Inkanas Sumbar berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan 20 medali terdiri dari 14 emas, lima perak, dan satu perunggu.

Disusul kontingen Perguruan Indonesia Karate-DO (INKADO) Sumbar dengan perolehan medali tujuh emas, delapan perak, dan 18 perunggu.

Juara Umum tiga diraih oleh kontingen Tanah Datar B dengan perolehan medali emas emas, tiga perak, dan lima perunggu.

Masing-masing juara mendapatkan hadiah trophy dan uang pembinaan berturut-turut Rp15 juta, Rp10 juta, dan Rp5 juta.

Di samping itu, ia juga berharap supaya kejuaraan daerah tersebut akan terus dilaksanakan ke depannya, kalau bisa akan semakin besar levelnya.