Bangun tiga puskesmas, Pemkab Agam anggarkan Rp11,7 miliar

id Agam Bangun Tiga Puskesmas

Bangun tiga puskesmas, Pemkab Agam anggarkan Rp11,7 miliar

Puskesmas Pakan Kamih, Kecamatan Tilatangkamang, Kabupaten Agam, selesai dibangun. (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menganggarkan Rp11,7 miliar untuk membangun tiga unit Puskesmas pada 2019.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Agam, Riyanti di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, tiga unit Puskesmas yang dibangun itu yakni, Puskesmas Ampekkoto Kecamatan Ampekkoto sebesar Rp4,5 miliar, Puskesmas Lasi Kecamatan Canduang Rp3,2 miliar, Puskesmas Kapau Kecamatan Tilatangkamang Rp3,9 miliar.

Pembangunan gedung baru itu dilaksanakan di lokasi bangunan Puskesmas yang lama, katanya.

Pembangunan gedung ini untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat karena gedung Puskesmas lama dirasakan sudah kurang memadai, sehingga perlu diganti dengan bangunan baru agar lebih representatif.

"Gedung itu nanti dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan dan perlengkapan rawat inap,” katanya.

Untuk pengadaan peralatan, pihaknya akan mengacu pada Permenkes Nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, karena ketentuan peralatan untuk Puskesmas telah diatur dalam Permenkes tersebut.

Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, pihaknya secara bertahap akan membangun gedung baru Puskesmas dengan kapasitas lebih baik.

Pembangunan itu dianggarkan setiap tahun. Dari 23 unit Puskesmas yang ada di Agam, sudah 12 unit gedung telah di bangun dan ditargetkan pada 2021 akan selesai.

Selain renovasi, Dinas Kesehatan juga menganggarkan Rp824 juta untuk renovasi tiga unit Puskesmas Pembantu (Pustu) yakni, Pustu Surau Gadang Kecamatan Ampekangkek Rp200 juta, Pustu Sitanang Kecamatan Ampeknagari Rp150 juta dan pembangunan baru Pustu Koto Tinggi Kecamatan Palembayan Rp474 juta. (*)