Pemkab Pasaman Barat bangun jalan ke daerah terisolir Rura Patontang

id Anggaran jalan daerah terisolir

Pemkab Pasaman Barat bangun jalan ke daerah terisolir Rura Patontang

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pasaman Barat Elifsan saat meninjau kondisi jalan dan jembatan menuju daerah terisolir Rura Patontang di Kecamatan Koto Balingka, Kamis (18/4/2024). ANTARA/Altas Maulana

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat segera membangun jalan menuju daerah terisolir Rura Patontang di Kecamatan Koto Balingka dengan menyiapkan anggaran pada 2024.

"Daerah Rura Patontang menjadi atensi Bupati Pasaman Barat agar segera diperbaiki. Untuk itu kita telah menyiapkan anggaran sekitar Rp800 juta agar jalan itu bisa dilalui oleh kendaraan roda empat," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pasaman Barat Elifsan usai meninjau kondisi jalan itu, Kamis.

Ia mengatakan anggaran itu nantinya akan digunakan untuk pengerasan dan pelebaran jalan menjadi 10 meter sepanjang 1,5 kilometer.

"Saat ini kondisi jalan sebagian besar tanah dan tidak bisa ditempuh oleh kendaraan roda empat karena lebarnya hanya sekitar tiga meter," sebutnya.

Selain itu juga akan dibangun jembatan yang ada di jalan itu karena saat ini menggunakan jembatan darurat atau jembatan sementara.

Menurut dia, dengan adanya perbaikan dan pelebaran jalan itu maka masyarakat nanti bisa menggunakan kendaraan roda empat empat melalui jalan itu.

"Pengerjaannya segera kita lakukan dengan melibatkan TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)," ujarnya.

Ia menegaskan Pemkab Pasaman Barat memiliki komitmen untuk melihat, mendengar dan menindaklanjuti keluhan masyarakat terutama terkait akses jalan, kesehatan dan pendidikan.

Dengan adanya pembangunan jalan itu, katanya, diharapkan keterisoliran Rura Patontang secara perlahan akan dilepaskan.

"Tentu pembangunan berbagai jalan dan akses lainnya dilakukan secara bertahap sesuai dengan anggaran yang ada," ujarnya.

Selain anggaran untuk jalan Rura Patontang yang disiapkan, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran jalan batas dengan Sumatera Utara di Jorong Sigantang Aek Nabirong untuk pembukaan jalan sekitar satu kilometer.

"Mudah-mudahan pengerjaannya segera dilakukan sehingga tidak ada lagi masyarakat Rura Patontang yang sakit menggunakan tandu dan bisa menggunakan kendaraan roda empat menuju rumah sakit terdekat," katanya.