Fadly Amran targetkan penataan kebutuhan mendasar selesai pertengahan 2019

id Fadly Amran,Penataan Padang Panjang

Silaturahim Wali Kota Padang Panjang bersama LKBN Antara Biro Sumbar di Padang Panjang, Jumat(4/1) . (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Fadly Amran menargetkan penataan fasilitas untuk kebutuhan mendasar masyarakat dapat diselesaikan pada pertengahan 2019.

"Fasilitas yang sudah ada di Padang Panjang masih perlu ditata agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Selambatnya pertengahan tahun sudah selesai," katanya saat silaturahim bersama LKBN Antara Biro Sumbar di Padang Panjang, Jumat.

Setelah itu, imbuhnya, ada langkah bagaimana inovasi pengembangannya jadi usaha melayani masyarakat terus berubah lebih baik.

Ia mencontohkan salah satu yang masih perlu ditata adalah pemanfaatan pasar pusat oleh pedagang. Hingga saat ini menurutnya aktivitas perdagangan belum berlangsung dengan nyaman karena penempatan kios yang belum selesai meski pasar sudah diresmikan sejak Februari 2018.

Karena fokus menata, menurutnya tidak menjadi masalah jika sekiranya saat ini Padang Panjang belum dilirik atau menjadi tujuan utama wisatawan ketika berkunjung ke Sumbar.

"Yang paling penting menyamankan masyarakat di sini dulu, fasilitas yang ada termanfaatkan dengan baik. Jika masyarakat sudah nyaman kami yakini orang lain juga akan tertarik. Saat Padang Panjang sudah siap barulah kita bisa bicara," ujarnya.

Selain menata pemanfaatan fasilitas publik yang sudah ada pihaknya juga menyusun langkah mengkaji potensi yang ada di daerah itu agar bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan daerah.

"Contohnya potensi dari mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Mungkin bersama para mahasiswa bisa membuat program berisi kearifan lokal lalu disiarkan atau potensi lain di pariwisata, kerajinan dan lainnya," jelasnya.

Untuk hal itu, ia mengatakan perlu dukungan penyebarluasan informasi perkembangan daerah dan LKBN Antara Biro Sumbar diharapkan bisa mendukung usaha tersebut.

Kepala Antara Biro Sumbar Maswandi mengapresiasi langkah kepala daerah yang baru dilantik Oktober 2018 itu dalam menata Padang Panjang.

Menurutnya dengan posisi strategis di jalur perlintasan, dikelilingi gunung dan perbukitan Padang Panjang menyimpan potensi menjadi daerah tujuan masyarakat.

"Antara siap mendukung penyebarluasan informasi, tidak hanya informasi perkembangan kota namun juga informasi guna mencerdaskan masyarakat agar memahami dan mendukung rencana pemerintah daerah dalam menata kota," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar