Ayo buruan, bursa tenaga kerja Dharmasraya buka 2.224 lowongan

id bursa tenaga kerja

Ayo buruan, bursa tenaga kerja Dharmasraya buka 2.224 lowongan

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat pembukaan Job Fair dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Dharmasraya ke-15 tahun, Kamis (3/1).   (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Bursa tenaga kerja hasil kerja sama Pemkab Dharmasraya, Sumatera Barat dengan 33 perusahaan membuka 2.241 lowongan pekerjaan bagi pencari kerja di daerah itu.

"Job fair atau bursa tenaga kerja ini diselenggarakan untuk menekan pengangguran di Dharmasraya. Melalui bursa ini, bisa tertampung ribuan tenaga kerja," kata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat membuka bursa tersebut di auditorium kantor bupati setempat, Kamis.

Ia mengatakan saat ini angka pengangguran di daerahnya mencapai 3.000 orang, sehingga dibutuhkan berbagai program dan upaya untuk mencarikan pekerjaan.

Dengan bursa tenaga kerja, proses rekrutmen maupun seleksi berjalan lebih transparan dan kompetitif.

Kepada perusahaan yang mengikuti bursa tenaga kerja, ia berpesan agar tidak hanya menerima pendaftaran, tapi juga menerima lamaran sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

"Percuma kalau pendaftarannya diterima, tapi lamarannya tidak. Saya harap perusahaan bisa memanfaatkan tenaga kerja asal Kabupaten Dharmasraya," katanya.

Sementara Koordinator Pelaksana Bursa Tenaga Kerja sekaligus Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Dharmasraya, Yefrinaldi mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Dharmasraya ke-15 tahun.

Ia mengatakan bursa tenaga kerja diikuti 33 perusahaan, 20 perusahaan berasal dari Kota Padang dan 13 perusahaan dari Kabupaten Dharmasraya.

"Bursa kerja ini merupakan pertama kalinya digelar sejak kabupaten Dharmasraya berdiri. Berlangsung dua hari 3 dan 4 Januari, dimulai pukul 09.00-16.00 WIB, bertempat di Auditorium Kantor Bupati setempat," katanya.

Ia menambahkan jumlah pengangguran yang tercatat dalam daftar pencari kerja baru 1.200 orang dari 3.000 jumlah pengangguran di Kabupaten Dharmasraya. (*)