Penumpang Mentawai Fast meningkat 30 persen

id Mentawai Fast,Penyeberangan ke Mentawai

Penumpang Mentawai Fast meningkat 30 persen

Penumpang turun dari Kapal Mentawai Fast, di Padang. (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Penumpang kapal cepat yang melayani penyeberangan Padang-Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami peningkatan tiga puluh persen pada momen natal dan tahun baru.

"Pada momen Natal dan tahun baru ini penumpang meningkat sebanyak 30 persen dibandingkan hari biasa, pada hari normal penumpang 160 orang," kata Direktur MV Mentawai Fast Felix Iskandar, di Padang, Senin.

Meskipun demikian, katanya, lonjakan penumpang itu belum membuat pihaknya menambah jadwal keberangkatan kapal.

"Kondisi itu masih bisa kami layani tanpa menambah ataupun mengubah jadwal keberangkatan," katanya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan adalah warga yang beragama Kristen, hendak merayakan Natal di kampung halaman.

"Puncaknya untuk kepentingan Natal terjadi pada Minggu (23/12), dan para penumpang tersebut sudah memesan tiket dua atau tiga hari sebelumnya," katanya.

Saat ditanyai kendala cuaca, Felix mengatakan sejauh ini belum ditemukan kendala yang berarti.

"Keamanan dan keselamatan penumpang tetap prioritas utama, dan sampai sekarang belum ditemukan kendala berarti terkait cuaca di laut," katanya.

Ia mengatakan ketika cuaca dirasa tidak memungkinkan untuk penyeberangan, keberangkatan akan ditunda hingga kondisi membaik.

Selama 2018 tercatat pihak Mentawai Fast mengalami gagal keberangkatan sebanyak empat kali karena faktor cuaca.

Sebelumnya, MV Mentawai Fast adalah kapal penumpang yang melayani rute penyeberangan dari Padang, menuju Pulau Sipora, dan Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai. (*)