Tanah Datar tambah bonus peraih medali Porprov

id Porprov, atlet, tanah datar

Tanah Datar tambah bonus peraih medali Porprov

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) siap untuk menambah bonus bagi atlet yang ikut berlaga dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV yang dilangsungkan di Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu, mengatakan hal tersebut akan dilakukan apabila kontingen dari daerah tersebut dapat memperbaiki peringkat atau lebih baik dari porprov sebelumnya.

"Saya bersama Ketua DPRD sepakat apabila pada porprov tahun ini Tanah Datar meraih peringkat 5, maka bonus untuk medali emas akan menjadi Rp30 juta,” katanya.

Selain itu, Irdinansyah juga mengharapkan agar kontingen Tanah Datar pada tahun ini mampu meningkatkan prestasi dengan meningkatkan jumlah perolehan medali emas.

Ia menyebutkan, pada pelaksanaan porprov di Kota Padang yang digelar tahun 2016 lalu, Tanah Datar harus berpuas diri untuk berada pada peringkat 8 dari 19 kabupaten/kota yang ada.

Menurut dia, saat itu atlet Tanah Datar berhasil memperoleh sebanyak 151 medali yang terdiri dari 38 medali emas, 49 medali perak dan 64 medali perunggu.

Oleh sebab itu ia menilai perlu adanya persiapan teknis oleh para atlet bersama pelatih, sebab hal itu merupakan salah satu faktor penting dalam meraih prestasi terbaik.

Ia mengatakan, sebuah keberhasilan juga mesti ditunjang dengan kesiapan fasilitas non teknis seperti mobilisasi, penginapan, konsumsi makanan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bertujuan agar seluruh atlet berada dalam kondisi fit dan nyaman sehingga ketika bertanding mampu tampil dengan baik dan maksimal.

"Disiplin, kerjasama, kerjakeras, dukungan serta komitmen merupakan hal penting yang harus dimiliki dan ditanamkan pada para atlet, pelatih maupun ofisial, sehingga dapat meraih prestasi yang diinginkan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tanah Datar, Afrizal mengatakan dalam porprov kali ini pihaknya menarget minimal lima medali emas untuk cabag olahraga pencak silat.

"Pada porprov lalu Tanah Datar meraih sebanyak lima medali emas, dan untuk kali ini kita juga memasang target lima emas," katanya. (*)