Sejumlah pihak deklarasikan netralitas pemilu di Padang Pariaman

id netral

Dua camat di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar membubuhkan tandatangan pada deklarasi netral Pemilu 2019, di Pariaman, Sabtu. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S) (-)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar ) - Sejumlah instansi dan organisasi yang berasal dari berbagai latar belakang profesi di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mendeklarasikan netralitasnya untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Adapun instansi dan organisasi tersebut yaitu Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu), TNI, Polri, Persatuan Guru Republik Indonesia, Komite Nasional Pemuda Indonesia, wartawan, camat, dan wali nagari yang ada di Padang Pariaman.

"Ini adalah langkah untuk menekan adanya pihak non-politik di Padang Pariaman melanggar aturan Pemilu yang ada," kata dia Anggota Bawaslu Sumbar, Vitnersaat Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019 yang diselenggarakan Bawaslu Padang Pariaman, di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan Bawaslu tidak ingin pihak-pihak tersebut tersandung dengan hukum karena telah melanggar peraturan.

"Seperti yang terjadi pada kepala desa di Kota Pariaman," ujarnya.

Ia mengatakan ke depan pihaknya tidak ingin pihak-pihak tersebut dihadapkan dengan hukum karena tidak mengerti dan memahami aturan.

"Oleh karena itu kami berikan sosialisasi yang ditutup dengan penandatanganan untuk mendeklarasikan diri netral dari politik," kata dia.

Ia menyampaikan bahwa aparatur sipil negara (ASN) diperbolehkan menghadiri kampanye yang diselenggarakan oleh peserta Pemilu guna mengetahui visi dan misi calon.

"Namun ASN dilarang ikut berkampanye dan memakai atribut partai," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Anton Ishaq mengatakan pihaknya akan terus menyosialisasikan terkait netralitas penyelenggara negara melalui berbagai cara.

Bahkan, lanjutnya meskipun sekarang pihaknya kekurangan anggaran namun Bawaslu tetap menyosialisaikannya dengan memanfaatkan acara yang diselenggarakan oleh sejumlah pihak untuk sosialisasi netralitas Pemilu 2019.

"Bahkan beberapa waktu lalu kami memanfaatkan kegiatan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk menyosialisaikan netralitas ASN kepada penyelenggara negara di Padang Pariaman," katanya.

Ia meminta sejumlah pihak di daerah itu untuk membantu pihaknya dalam mengawasi Pemilu 2019 dari pelanggaran pihak-pihak tertentu.

"Data pelapor akan kami rahasiakan," tegasnya.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar