Budi Syukur: MTQ Kota Padang harus jadi referensi MTQ Nasional 2020

id Mtq

Budi Syukur: MTQ Kota Padang harus jadi referensi MTQ Nasional 2020

S Budi Syukur (ANTARASUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Kota Padang KE-38 bisa menjadi referensi untuk mematangkan persiapan pelaksanaan MTQ Nasional ke-28 yang akan dipusatkan di ibu kota provinsi itu pada 2020.

"Kekurangan yang terjadi pada MTQ Kota Padang, harus dijadikan pelajaran untuk sukses MTQ Nasional ke-28 pada 2020 nanti," kata Ketua Panitia MTQ Kota Padang, S Budi Syukur di Padang, Jumat.

Menurutnya saat menjadi tuan rumah MTQ Nasional nanti, sebagian besar venue pertandingan kemungkinan besar akan berada di Padang, karena itu penting bagi semua pihak mempelajari keunggulan dan kelemahan pelaksanaan MTQ tingkat kota yang saat ini sedang digelar.

Budi yang juga Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar menyebut salah satu keunggulan MTQ tingkat Kota Padang adalah pembukaan yang meriah dan diikuti oleh banyak masyarakat.

Namun antusiasme masyarakat itu tidak terlihat lagi pada saat pertandingan dilangsungkan yang relatif sepi penonton.

Lokasi pertandingan hanya diramaikan oleh peserta dan ofisial sementara masyarakat yang berada di sekitar venue pertandingan seakan tidak tertarik untuk datang.

"Kita tidak tahu apakah ini karena masyarakat menilai pertandingan tidak menarik sehigga tidak ada yang menonton, atau karena acara dilansungkan pagi hingga sore, saat sebagian besar mereka berkerja," katanya.

Apapun alasannya, harus menjadi perhatian bersama agar sepi penonton itu juga tidak terjadi pada saat MTQ Nasional ke-28 pada 2020.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebut MTQ tingkat kota dan provinsi adalah ajang untuk mengasah kemampuan peserta agar bisa lebih matang.

Mereka yang potensial akan dipantau untuk diikutkan dalam TC atau pelatihan pemantapan menjelang MTQ Nasional 2020.

Ia mengatakan prestasi Sumbar dalam MTQ Nasional nanti tidak boleh jeblok seperti MTQ ke-27 di Medan, apalagi, Sumbar pada 2020 akan bertindak sebagai tuan rumah.

"Kita harus bisa bersaing menjadi yang terbaik pada MTQ nasional nanti," katanya.

MTQ tingkat Kota padang pada 2018 dipusatkan di Kecamatan Padang Timur dengan jumlah peserta sekitar 543 kafilah dari 11 kecamatan di Padang.

terdapat sembilan cabang dengan 25 golongan yang dipertandingkan pada tahun ini.

Pelaksanaannya 25-28 Oktober 2018 pada 11 lokasi.*
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2022