Legislator Agam berharap atlet pertahanan prestasi Porprov

id Porprov,Atlet Agam

Legislator Agam berharap atlet pertahanan prestasi Porprov

Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Kabupaten Agam, Irfan Amran (baju hitam tengah) beserta anggota saat pertemuan dengan pengurus KONI setempat, Senin (1/10). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat, berharap atlet daerah itu bisa mempertahankan perolehan medali saat Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) XV di Padang Pariaman pada November 2018.

"Kita berharap atlet Agam bisa mempertahankan peringkat tiga besar seperti Porprov XIV di Kota Padang pada 2016, walaupun keterbatasan anggaran dalam mengikuti event dua tahunan itu," kata Sekretaris Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Zulrefli saat pertemuan antara Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD dengan pengurus KONI Agam di aula dua DPRD setempat, Senin.

Pihaknya mengimbau para atlet yang akan membela daerah itu pada Porprov agar lebih giat berlatih.

"Tanpa kerja keras maka prestasi itu tidak akan tercapai," katanya.

Sementara anggota Komisi IV lainnya, Ali Fuadi, menambahkan, prestasi atlet pada Porprov 2016 sangat baik, karena belum pernah Agam berada pada tiga besar.

"Ini harus dipertahankan demi mengharumkan nama Agam di tingkat Sumbar," katanya.

Ketua KONI Agam, Zarfinus Makmur, mengatakan pada Porprov sebelumnya Agam berada peringkat tiga besar setelah Kota Padang dan Bukittinggi dengan perolehan 54 medali emas, 50 medali perak dan 58 mendali perunggu.

"Perolehan medali terbanyak pada cabang olahraga angkat berat dengan 25 medali emas," katanya.

Pada Porprov nanti, Agam mengirimkan 476 atlet dari 32 cabang olahraga sesuai dengan seleksi yang telah dilakukan beberapa Minggu lalu.

Sedangkan anggaran yang disediakan Pemda hanya untuk 300 atlet dan 50 pelatih.

"Dengan kekuatan ini, pihaknya berharap bisa mempertahankan prestasi sebelum," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Gusmardi mengatakan, dana yang dialokasikan untuk KONI sebesar Rp2 miliar dan dana itu berupa hibah.

Sementara dana penunjang yang dialokasikan ke Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga setempat sebesar Rp750 juta.

"Pada APBD perubahan 2018 ditambah sebesar Rp314 juta," katanya. (*)