Cara Pemkot Padang kembangkan sistem pemerintahan

id inovasi, pemkot padang, birokrasi

Cara Pemkot Padang kembangkan sistem pemerintahan

Wali Kota Padang menandatangi komitmen inovasi di Padang, Senin (24/9). (Antara Sumbar/humas)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menyelenggarakan laboratorium inovasi untuk menggali ide dalam rangka pengembangan sistem pemerintahan.

“Laboratorium inovasi bertujuan untuk merancang rencana aksi inovasi yang komprehensif dan melaksanakan inovasi secara fokus dan konsisten," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Senin saat membuka kegiatan Laboratorium Inovasi.

Menurut dia dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, dinyatakan inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah.

Pada kesempatan itu ia juga menyerukan seluruh OPD Pemko Padang agar melahirkan terobosan-terobosan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Kota Padang.

“Salah contoh inovasi di Kota Padang adalah Kelas Imud (Ibu Muda) di Puskesmas Padang Pasir, yang telah dianugerahi penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” ujar dia.

Sementara itu, Deputi Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Tri Widodo Wahyu Utomo mengatakan sumber inovasi pelayanan publik bisa datang dari kepala daerah, DPRD, OPD, ASN dan masyarakat.

“Untuk konsistensi, setiap inovasi yang diciptakan harus terdokumentasi dengan baik dalam bentuk peraturan atau keputusan kepala daerah,” kata dia.

Ia mengatakan setiap inovasi yang dilaksanakan harus dievaluasi setiap tahun agar bisa berkembang dan berdayaguna bagi peningkatan pelayan publik termasuk, memperbarui peraturan atau keputusan kepala daerah dalam pelaksanaan inovasi itu sendiri.

“Inovasi itu tidak harus mahal dan menggunakan anggaran yang besar, seperti yang telah dibuktikan inovasi Kelas Imud di Puskesmas Padang Pasir,” kata dia.

Kegiatan Laboratorium Inovasi Pemko Padang yang diselenggarakan pada 24-28 September, juga ditandai dengan penandatangan Komitmen Kesepakatan Berinovasi oleh Walikota Padang, Pimpinan OPD, Camat dan Puskesmas se-Kota Padang. (*)