Bupati dan Sekda Agam terima penghargaan bidang pramuka

id Pramuka

Bupati dan Sekda Agam terima penghargaan bidang pramuka

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengalungkan penghargaan bidang pramuka kepada Bupati Agam Indra Catri (Ist)

Lubukbasung (Antaranews Sumbar) - Bupati Agam, Indra Catri selaku Ketua Mabicab Pramuka Agam menerima penghargaan Lencana Melati pada peringatan hari Pramuka ke-57 di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penyerahan penghargaan, diadakan di halaman kantor gubernur, Selasa (18/9). Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto juga menerima penghargaan Lencana Dharma Bhakti.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumbar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, prestasi berupa Lencana Melati dan Lencana Dharma Bhakti tersebut merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi kepada daerah atas sumbangsihnya dalam memajukan pramuka.

Penyerahan penghargaan bidang pramuka dihalaman Kantor Gubernur Sumbar (Ist)


“Kepada yang menerima penghargaan saya ucapkan selamat dan apresiasi atas pengabdiannya, semoga menjadi semangat dan motivasi, kedepan terus tingkatkan peran dalam mengembangkan gerakan kepramukaan,” katanya.

Penghargaan tersebut diberikan, karena Bupati Agam Indra Catri dinilai telah mendorong aktifnya kegiatan Gerakan Pramuka di Agam.

Dorongan tersebut terlihat dari dukungan anggaran dan melibatkan Gerakan Pramuka dalam sejumlah kegiatan pemerintah daerah.

Lencana Melati adalah penghargaan pada orang dewasa yang telah berjasa dan memberikan pengabdian tertingginya kepada Gerakan Pramuka.

Sementara itu, Lencana Dharma Bhakti merupakan penghargaan yang diberikan kepada seorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, dan fasilitas yang cukup besar untuk membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan pramuka.

Penyerahan penghargaan bidang pramuka dihalaman Kantor Gubernur Sumbar (Ist)


Ia mengatakan pramuka sebagai perekat NKRI sangat berkontribusi terhadap perjalanan bangsa dan negara dalam merebut kemerdekaan.

"Pramuka selalu berjuang dimuka, kerjanya seksama. Untuk itu, jadikan pramuka rumah kita bersama untuk menjaga keutuhan bangsa ini,” katanya.

Gubernur juga mengingatkan, agar adik-adik generasi penerus selalu aktif dan giat dengan kegiatan pramuka melalui ekstrakurikuler di sekolah.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri, mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi untuk semua kepengurusan Kwarcab Pramuka Agam.

“Pramuka di Agam akan terus berusaha menorehkan prestasi,” harapnya.

Pemkab Agam bersama Kwarcab Pramuka akan terus bersinergi dalam memberikan kontribusi positif untuk membangun daerah.

Penyerahan penghargaan bidang pramuka dihalaman Kantor Gubernur Sumbar (Ist)


“Ini menjadi motivasi bagi pemerintah untuk terus mendukung dan memotivasi adik-adik agar selalu berinovasi dan berkarya untuk daerah, ” katanya.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Jendral Kwarnas Gerakan Pramuka Abdul Shobur, Wakil Gubernur Sumbar selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Sumbar, Nasrul Abit, para Ketua Mabicab, Ketua Kwarcab se-Sumbar dan kakak-kakak pramuka perwakilan masing-masing daerah.

Juara II Penyelenggaraan Jenazah

Kwartir Cabang Pramuka Agam juara II lomba penyelenggaraan jenazah dalam kegiatan prestasi daerah 2018 saat memperingati hari Pramuka ke 57 di halaman kantor gubernur.

Penyerahan penghargaan bidang pramuka dihalaman Kantor Gubernur Sumbar (Ist)


Pembina sekaligus pelatih Kwarcab Agam, Yunaidi, mengatakan, prestasi ini berkat latihan yang dilakukan selama ini.

“Alhamdulillah dengan itu kami mendapatkan nilai terbaik ke II untuk lomba penyelenggaraan jenazah ini," katanya.

Ia berharap seluruh anggota pramuka untuk terus menggiatkan seluruh kegiatan yang mengandung nilai-nilai keagamaan pada kepramukaan ini.

Lalu mensukseskan program strategis Agam Madani seperti yang telah dicanangkan pemerintah Kabupaten Agam.

“Kami juga menganjurkan kepada seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Agam, untuk terus menggiatkan ekstrakulikuler agamais, seperti yang telah ditetapkan Bupati Agam Indra Catri selaku ketua Mabicab Pramuka Agam,” katanya. (*)