Jaga kenyamanan wisatawan, warga Pesisir Selatan diminta jaga kebersihan objek wisata

id hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mendorong masyarakat setempat menjaga kebersihan objek wisata agar pengunjung merasa betah dan nyaman sehingga ada keinginan untuk kembali lagi.

"Keindahan objek wisata bukanlah jaminan sebuah destinasi wisata akan ramai dikunjungi sepanjang tahun, namun ada indikator lain yang menentukan salah satunya adalah kebersihan," kata dia di Painan, Kamis.

Karena itu ia ingin agar menjaga kebersihan menjadi membudaya masyarakat, sehingga upaya pemerintah dalam mempopulerkan objek wisata menjadi sukses.

Banyak destinasi wisata di daerah itu mustahil mampu ditangani oleh petugas kebersihan yang jumlahnya terbatas.

"Ada ratusan destinasi wisata di Pesisir Selatan mulai dari bahari, pegunungan, air terjun dan lainnya. Sehingga mustahil kebersihan ini bisa ditangani tanpa campur tangan masyarakat," sebutnya.

Ia mengakui semangat menjaga kebersihan sudah muncul di masyarakat, terutama di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Setidaknya sebulan sekali masyarakat setempat yang menjadi pelaku usaha pariwisata seperti pemilik kapal wisata, pemilik rumah singgah, pemilik jasa perjalanan wisata dan lainnya melakukan bersih-bersih sampah di perairan Kawasan Mandeh.

"Ini harus dicontoh oleh masyarakat lain, karena persoalan sampah merupakan permasalahan umum di setiap objek wisata," katanya lagi.

Pada 2018 pemerintah kabupaten menargetkan kunjungan wisatawan 3,5 juta baik domestik maupun mancanegara. 2016 sebanyak 1,98 juta wisatawan domestik dan 1.700 wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah itu.

Selanjutnya meningkat pada 2017 menjadi 2,3 juta untuk wisatawan domestik dan 1.700 untuk wisatawan mancanegara. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar