Ini harga terkini tandan buah segar kelapa sawit di Sumbar

id TBS

Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit. (Antara)

Padahal perusahaan sawit bisa mendapatkan izin usaha pengolahan (IUP) karena adanya surat dukungan kontrak pasokan buah dari kelompok tani sawit bagi perusahaan sawit tanpa kebun
Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Harga terkini tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Sumatera Barat bagi petani yang bermitra dengan perusahaan yakni Rp1.740 per kilogram dan untuk petani swadaya berkisar Rp900 sampai Rp1.200 per kilogram.

"Harga tersebut ditetapkan melalui rapat tim satgas harga TBS yang dilaksanakan dua kali sebulan bersama pemerintah provinsi," kata Pelaksana Tugas Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Sumatera Barat, Syahril dihubungi dari Payakumbuh, Selasa.

Menurutnya penetapan harga TBS di Sumatera Barat dilakukan dua kali dalam satu bulan bagi petani sawit yang sudah bermitra dengan perusahaan, sedangkan yang belum harga ditetapkan oleh pedagang pengumpul.

Ia mengemukakan 30 persen petani yang bermitra umumnya adalah petani program Perkebunan Inti Rakyat (PIR) puluhan tahun lalu.

Untuk mendapatkan harga sawit yang sama, katanya petani sawit swadaya harus bermitra dulu dengan perusahaan sawit melalui perjanjian kerjasama yang diketahui oleh kepala daerah setempat.

Namun yang terjadi selama ini yakni perusahaan sawit dinilai enggan dan mengelak untuk bermitra dengan petani karena mereka harus membayar harga TBS yang lebih tinggi dari yang ditetapkan kepada pedagang pengumpul, ujar dia.

"Padahal perusahaan sawit bisa mendapatkan izin usaha pengolahan (IUP) karena adanya surat dukungan kontrak pasokan buah dari kelompok tani sawit bagi perusahaan sawit tanpa kebun," katanya.

Oleh sebab itu, Apkasindo mendorong kepala daerah dan legislatif agar memperhatikan kesejahteraan petani sawit khususnya yang swadaya.

"Mereka salah satu pihak penyumbang pajak terbesar di negara ini," tambahnya.

Selain itu terkait peremajaan komoditas tersebut, berdasarkan catatan Apkasindo terdapat seluas 17.000 hektare kebun kelapa sawit di Sumatera Barat yang berusia di atas 25 tahun perlu segera diremajakan pada 2018.

Luas kebun kelapa sawit di Sumatera Barat yang terdata 250.000 hektare, namun di luar itu pihaknya memperkirakan luasnya terus bertambah yang diperkirakan mencapai 450.000 hektare. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar