Desa Kampuang Gadang IV Angkek Padusunan Wakili Pariaman Lomba Tingkat Provinsi

id desa

Desa Kampuang Gadang IV Angkek Padusunan  Wakili Pariaman  Lomba Tingkat Provinsi

Tim penilai lomba desa dan kelurahan berprestasi tingkat provinsi Sumbar melakukan penilaian di Pariaman. (Antara Sumbar/Humas)



Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Desa Kampuang Gadang IV Angkek Padusunan, Kecamatan Pariaman Timur terpilih mewakili Kota Pariaman dalam ajang lomba desa atau kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Pariaman, Effendi Jamal di Pariaman, Sabtu, mengatakan keputusan menjadikan Desa Kampuang Gadang sebagai wakil Pariaman dalam kegiatan tersebut telah melewati proses dari tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sumbar beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan pencapaian tersebut ditunjang oleh keberhasilan desa itu dalam menjalankan program pembangunan khususnya yang masuk dalam indikator penilaian.

Termasuk pula, kata dia, dalam menangani masalah kebersihan karena Desa Kampuang Gadang mampu melaksanakan perbaikan dan peremajaan sarana serta prasarana lingkungan.

Hal ini diperkuat dengan sejumlah kegiatan kelompok secara gotong royong.

Secara umum, ia menilai ajang tersebut tidak hanya bertujuan meraih hasil akhir lomba, melainkan juga agar kinerja aparatur desa dan masyarakat dapat terjalin lebih baik nantinya.

Kemudian, keikutsertaan desa tersebut dalam penilaian desa berprestasi diharapkan mampu menjaga kesinambungan kegiatan sosial kemasyarakatan setempat, baik di ranah maupun di rantau.

Ketua tim penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sumbar 2018, Azwar mengatakan Desa Kampuang Gadang sebagai utusan Kota Pariaman dalam penilaian lanjutan tingkat provinsi telah melalui beberapa tahapan, mulai dari kecamatan dan tingkat kota.

Ia menjelaskan pada perlombaan tingkat provinsi nantinya, penilaian desa berprestasi meliputi kinerja perangkat desa, pengurus LPM, Tim Penggerak PKK dan lembaga kemasyarakatan.

Untuk lembaga kemasyarakatan dibagi atas beberapa kelompok yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan masyarakat, bidang kesehatan masyarakat, bidang adat, sosial dan budaya.

Untuk pemenang desa terbaik akan diundang ke Provinsi Bali pada Oktober 2018 bersama Presiden Joko Widodo, ujar dia.