Peroleh bantuan Rp280 juta, ini yang akan dilengkapi di Pantai Arga Padang Pariaman

id Pantai Arga Permai

Peroleh bantuan Rp280 juta, ini yang akan dilengkapi di Pantai Arga Padang Pariaman

Seorang warga melintas di depan pondasi pembangunan pergola di Pantai Arga Permai di Kecamatan Batang Gasan, Padang Pariaman, Sumbar. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M.S.)

Kami menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Arga Permai
Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, memperoleh bantuan Rp280 juta melalui dana alokasi khusus dari pemerintah pusat untuk mengembangkan objek wisata Pantai Arga Permai di Kecamatan Batang Gasan daerah setempat.

"Dana ini akan digunakan untuk pembangunan pergola dan toilet," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Padang Pariaman, Jon Kenedi di Parit Malintang, Jumat.

Ia merinci dana ini untuk pembangunan toilet sebesar Rp110 juta, sedangkan pergola Rp170 juta.

Pembangunan pergola dan toilet tersebut merupakan langkah awal pengembangan kawasan Pantai Arga dari rencana yang telah dibuat.

Rencana pengembangan pantai tersebut yaitu wisata olah raga, karena didukung oleh potensi ombak untuk selancar atau "surfing" bagi pemula.

Selain itu pantai ini juga dijadikan wisata olah raga keluarga karena juga akan dibangun pedestrian untuk pesepeda.

Dengan adanya pergola tersebut maka dapat menjadi tempat bersantai bagi wisatawan, baik untuk melepas penat maupun menunggu anggota keluarganya berolahraga.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disparpora Padang Pariaman, Wiwiek Herawati menyebutkan pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp25 miliar untuk pengembangan Pantai Arga Permai.

"Karena membutuhkan dana besar maka pembangunannya bertahap," katanya.

Ia mendorong wali nagari di daerah itu untuk menganggarkan dana desa untuk pengembangan objek wisata Pantai Arga.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata Pantai Arga Permai, Epo Yuliadi (28) mengatakan untuk mengembangkan potensi Pantai Arga pihaknya telah membentuk kelompok semenjak beberapa waktu lalu.

"Kami menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Arga Permai," ujar dia.

Keunggulan pantai tersebut yaitu ombaknya dapat dimanfaatkan untuk berlatih selancar bagi pemula, dan padang rumput yang lokasinya bersisian dengan danau limpahan muara Sungai Batang Gasan dapat dijadikan lokasi rekreasi keluarga. (*)