Tahun ini, alokasi Kota Tanpa Kumuh Padang Rp5 miliar

id Kota Tanpa Kumuh,KotaKu,Kota Padang

Tahun ini, alokasi Kota Tanpa Kumuh Padang Rp5 miliar

Pjs Sekdakot Padang Didi Aryadi saat membuka kegiatan sosialisasi Kotaku 2018 di Padang, Selasa. (Dok Humas Pemkot Padang)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan Rp5 miliar untuk pengembangan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Padang, Sumatera Barat.

Pejabat sementara Sekdakot Padang Didi Aryadi dalam kegiatan Sosialisasi Kotaku di Padang, Selasa mengatakan anggaran tersebut menurun dari tahun lalu sebesar Rp6,5 miliar namun tetap fokus pada perbaikan infrastruktur seperti drainase dan sanitasi.

Pada 2018 terdapat dua sasaran Kotaku yakni pertama penanganan drainase sekunder di Kelurahan Seberang Palinggam, Pasa Gadang, dan Alai Parak Kopi.

Kedua, infrastruktur skala lingkungan di sembilan kelurahan tersebar di sebelas kecamatan.

Sejauh ini kata dia sejak 2014 program Kotaku dinilai telah mengangkat pemukiman tidak layak menjadi layak huni seperti di Siteba, Gunung Pangilun atau Purus.

Sementara itu dalam kegiatan yang dipusatkan di salah satu hotel tersebut, sosialisasi diikuti oleh 250 peserta antara lain camat, lurah, koordinator kota, senior fasilitator dan pelaksana program Kotaku. (*)