Wawako Solok Dorong Siswa Berprestasi Tularkan Kemampuan

id prestasi

Wawako Solok Dorong Siswa Berprestasi Tularkan Kemampuan

Wawako Solok Reinier memberikan penghargaan pada siswa berprestasi. Antara Sumbar/istimewa.

Solok, (Antaranews Sumbar) - Wakil Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Reinier memberikan penghargaan dan mendorong tiga siswa berprestasi dari SMPN 1 Kota Solok agar menularkan kemampuannya kepada siswa lain.

Reinier di Solok, Sabtu mengatakan, prestasi yang diraih oleh tiga orang siswa ini harus menjadi pelecut semangat bagi siswa lainnya di Kota Solok agar dapat berprestasi nantinya.

"Tentunya kami bangga memiliki siswa berprestasi ini, dan akan lebih bangga jika tiga siswa ini dapat menggerakkan siswa-siswa lain untuk memulai melakukan hal yang sama," ujarnya saat menyambut kedatangan siswa.

Reinier juga mengingatkan kepada Kepala Dinas Pendidikan setempat untuk senantiasa memperhatikan dan memfasilitasi setiap siswa berprestasi yang akan mengikuti lomba, yang akan mengharumkan nama Kota Solok di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

"Potensi yang dimiliki oleh para siswa harus dikembangkan secara baik, selain membuat bangga siswa dan orangtuanya, tetapi juga bisa membanggakan para guru, sekolah dan Kota Solok pada umumnya," katanya.

Adapun prestasi yang diraih tiga siswa tersebut yaitu Zepri Ramadhan mendapatkan medali perunggu dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat nasional 2018 bidang IPS yang diadakan di Kota Padang.

Selanjutnya, dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2018 Direktorat Pembinaan SMP, M.Rafky Alfattah (Ketua Peneliti) dan Akbar Ibnu Yatsir (Anggota Peneliti) berhasil lolos ke tingkat Nasional mewakili Provinsi Sumatera Barat.

Judul penelitian yang dilakukan ialah "Penggunaan Buah Pare (Momordhica Charantia L.) Pengganti Carbon Dalam Baterai Untuk Menghasilkan Energi Listrik".

Kegiatan itu berawal dari adanya pelatihan awal OPSI 2018 se Kota Solok pada April 2018 di SMPN 5 Solok, dengan dosen pelatih Dr.Rahadian dari jurusan kimia Universitas Negeri Padang.

M.Rafky Alfattah putra dari Afrijon dan Afriyenti ini pernah meraih prestasi Harapan III Lomba Spensic Provinsi Sumatera Barat, sedangkan Akbar Ibnu Yatsir putra dari Wido Yatsir dan Yulfirstra Mayorita Eka Sastra juga berprestasi pada OSN Tingkat SD Bidang IPA 2015.

Reinier berkesempatan mengalungkan medali yang telah diraih oleh Zepri Ramadhan, selanjutnya memberikan reward kepada Zepri Ramadhan, M.Rafky Alfattah dan Akbar Ibnu Yatsir. Kemudian melepas Tim OPSI yang akan berjuang di tingkat Nasional di Kota Surabaya mulai dari 22 sampai 26 Juli 2018.