Calon haji Agam berangkat ke Tanah Suci pada 19 Juli

id Ibadah Haji,Jadwal keberangkatan calon haji Agam,Kemenag Agam

Calon haji Agam berangkat ke Tanah Suci pada 19 Juli

Ilustrasi ( ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/pd.)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 393 calon haji asal Kabupaten Agam, Sumatera Barat, yang tergabung pada kelompok terbang tiga dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci Makkah, Kamis (19/7).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Agam, Yunaldi di Lubukbasung, Senin mengatakan, 393 calon haji ini akan bertolak ke pada Rabu (18/7).

"Mereka ini masuk ke Asrama Haji Padang paling cepat pada Rabu (18/7) sekitar pukul 12.00 WIB," katanya.

Setelah itu, calon haji itu bertolak ke Madinah dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada 19 Juli 2017.

Sebelum ke Madinah, jamaah ini akan mengikuti pengecekan kesehatan dan rangkaian prosedur lain seperti pembagian paspor dan boardingpass.

"Saat ini visa seluruh calon haji ini sudah berada di Padang dan tidak ada calon jemaah haji yang membatalkan keberangkatan," tegasnya.

Ia menyebutkan, jamaah asal daerah itu berjumlah sebanyak 458 orang yang tergabung kloter tiga dan empat. Untuk kloter empat dengan jumlah 72 jamaah dan mereka bergabung dengan jemaah asal Tanahdatar dan Padang.

Kloter empat ini ke Padang pada 19 Juli 2018 dan ke Madinah pada 20 Juli 2018.

Sebelumnya, jamaah mengikuti menasik haji sebanyak 45 kali pertemuan. Manasik ini terdiri dari mandiri dan difasilitasi pemerintah setempat.

Manasik mandiri ini dilakukan di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Almabrur yang bekerja sama dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Agam.

Menurutnya, manasik haji dengan jumlah pertemuan cukup banyak bertujuan agar seluruh calon haji asal Agam bisa melaksanakan ibadah haji secara mandiri tanpa bimbingan oleh pembimbing. (*)