11.400 wisatawan kunjungi objek wisata Hot Waterboom Solok Selatan

id Hot Waterboom

11.400 wisatawan kunjungi objek wisata Hot Waterboom Solok Selatan

Objek wisata pemandian air panas Hot Waterboom di Kabupaten Solok Selatan dipadati pengunjung saat libur lebaran. (Antara Sumbar/Erik IA)

Kami berharap pengunjung wisata ke Solok Selatan terus meningkat sehingga kabupaten ini semakin dikenal di luar
Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Kunjungan wisatawan ke pemandian Hot Waterboom (HWB) Sapan Maluluang Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mencapai 11.400 orang selama libur lebaran 2018.

"Jumlah kunjungan masih bisa bertambah karena pelajar belum mulai sekolah, dan penerimaan pengunjung libur lebaran sampai Minggu (24/6)," kata Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Eko Espito di Padang Aro, Jumat.

Dia mengatakan untuk menghitung jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi di Solok Selatan masih menunggu laporan dari Kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

"Kami masih menunggu laporan Pokdarwis sebagai pengelola destinasi dan hanya Hot Waterboom yang dikelola pemerintah," katanya.

Hot Waterboom masih menjadi destinasi favorit saat libur lebaran 2018 dan puncaknya pada H+2 dan H+3.

Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis dan Destinasi Kepariwisataan, Aig Wadenko mengatakan peningkatan pengunjung secara signifikan ke Hot Waterboom terjadi pada H+2 dan H+3.

Dia mengatakan selama libur lebaran pihaknya menyiagakan petugas jaga di seluruh kolam pemandian dan kolam air panas perebus telur untuk menghindari kecelakaan seperti tenggelam.

Kemuadian untuk kolam dewasa debit airnya pun dikurangi sehingga tidak terlalu dalam dan anak-anak dilarang mandi di kolam dewasa.

"Kami berharap pengunjung wisata ke Solok Selatan terus meningkat sehingga kabupaten ini semakin dikenal di luar," katanya.

Seorang pungunjung Hot Waterboom dari Provinsi Jambi, Suhendri mengatakan objek wisata pemandian air panas yang lengkap dengan wahana permainan ini mungkin satu-satunya di Sumatera.

Menurutnya yang menjadi favorit di Hot Waterboom adalah merebus telur secara langsung di sumber mata air panas yang persis terletak di kaki bukit Sapan Maluluang.

Dia menyebutkan ke depan masalah kebersihan harus lebih diperhatikan lagi karena sekarang sampah masih terlihat berserakan di lokasi.

"Masalah kebersihan harus lebih diperhatikan lagi demi kenyamanan pengunjung," katanya. (*)