Perantau Pariaman salurkan zakat bagi 2.500 mustahik (video)

id zakat padang pariaman

Wakil Ketua yayasan Al Aziz Kompol Maymuspi (kiri) didampingi tokoh Padang Pariaman Dedi Salim (kanan). (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Salah seorang perantau asal Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menyalurkan zakat bagi 2.500 mustahik di Kota Pariaman dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 hijriah.

"Setiap mustahik masing-masing menerima zakat dari yayasan Al Aziz sebesar Rp200 ribu yang dibagikan bagi empat kecamatan di Kota Pariaman," kata Wakil Ketua yayasan Al Aziz Kompol Maymuspi didampingi tokoh Padang Pariaman Dedi Salim, di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan penyaluran zakat tersebut merupakan bentuk rasa syukur dan kepedulian perantau asal Pariaman untuk membangun kampung halaman.

Penyaluran zakat tersebut ujar dia, secara rutin dilakukan oleh yayasan Al Aziz bagi masyarakat Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Selain menyalurkan zakat bagi para mustahik, yayasan yang bergerak di bidang jasa pengiriman tersebut juga telah membagikan ribuan eksemplar kitab suci Al Quran, santunan bagi anak yatim dan lain sebagainya.

"Yayasan Al Aziz sejatinya tidak hanya memberikan bantuan bagi kampung halaman saja, namun juga menyantuni anak yatim dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Bahkan kata dia, yayasan tersebut juga menyediakan umrah bagi anak didik yang meraih hasil terbaik dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) beberapa waktu lalu.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman Muhammad Nur mengatakan penyaluran zakat oleh perantau atau muzaki merupakan salah satu bentuk membangun daerah.

Selain membangun daerah dari sisi sosial dan ekonomi, pihaknya menilai hal tersebut merupakan salah satu ajang membangun tali silaturahmi sesama umat muslim.

"Menyantuni anak yatim merupakan salah satu yang dianjurkan oleh Agama Islam, bahkan muzaki disunahkan untuk mengusap kepala anak yatim itu sehingga diberikan balasan oleh sang pencipta melalui doanya," katanya.

Pihaknya juga berharap kedepan lebih banyak lagi para perantau asal Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman yang berpartisipasi dalam membangun daerah.

Kemudian pihaknya juga berharap kedepan para perantau juga menyalurkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat. (*)



Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar