UNP-AMU Malaysia kerja sama kembangkan bidang pariwisata

id UNP

Rektor UNP Prof Ganefri (tiga dari kanan) bersama Naib Canselor Asia Metropolitan University (AMU) Malaysia Mohamad Khan(empat dari kiri) , Ketua Pengarah Malindo BCC Asia Dato Dr Alex Ong (tiga kiri) ketika menandatangani nota kesepahaman antara UNP dengan AMU Malaysia di Padang, Rabu (6/6). (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat menjalin nota kesepahaman Asia Metropolitan University (AMU) Malaysia dalam pengembangan bidang ekonomi dan pariwisata.

Rektor UNP Prof Genefri di Padang, Rabu mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk meyalurkan mahasiswa UNP untuk belajar dan praktik lapangan di luar negeri.

"Mereka ini memiliki jaringan luas di tingkat Asean hingga ke China sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan universitas ke depannya," kata dia.

Ia mengatakan bentuk kerja sama yang juga dilakukan adalah "credit transfer" beberapa mata kuliah, kemudian riset bersama, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dan lainnya.

"Kerja sama ini akan mendukung visi kita untuk menjadi universitas bertaraf internasional nantinya," ujarnya.

Naib Canselor Asia Metropolitan University Mohamad Khan Bin Jamal Khan mengatakaan nota kesepahaman yang telah disepakati ini akan menjadi perkenalan untuk melanjutkan kerja kedua universitas ke depannya.

Ia mengatakan AMU sendiri merupakan universitas swasta yang memiliki beberapa kampus di beberapa kawasan di Malasysia.

"Kita akan terima mahasiswa UNP untuk praktik lapangan dan membawa dosen mereka ke Malaysia untuk melihat fasilitas yang dimiliki sehingga membuka pandangan untuk melakukan kerja sama lebih luas lagi," kata dia.

Sementara Ketua Pengarah Malindo BCC Asia Dato Dr Alex Ong mengatakan dalam tahap awal pihaknya akan memberangkatkan beberapa mahasiswa ke Malaysia untuk melakukan kunjungan lapangan.

"Kami targetkan keberangkatan mereka akan dilaksanakan pada Agustus mendatang, setelah itu baru kita lakukan kerja sama yang lebih dalam lagi," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar