Rumah pintar pemilu dibangun KPU Bangka Barat

id pemilu

Rumah pintar pemilu dibangun KPU Bangka Barat

Pemilu 2019 (cc)

Lokasi untuk Rumah Pintar Pemilu disiapkan menyatu dengan Kantor Sekretariat KPU Bangka Barat,
Muntok, (Antaranews Sumbar) - Rumah Pintar Pemilu dibangun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk memudahkan sosialisasi berbagai tahapan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan itu di daerah tersebut.

"Rumah Pintar Pemilu merupakan sebuah wahana yang disiapkan penyelenggara pemilu untuk mengedukasi masyarakat terkait kepemiluan sekaligus upaya mendongkrak tingkat partisipasi dalam proses demokrasi," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Sabtu.

Lokasi untuk Rumah Pintar Pemilu disiapkan menyatu dengan Kantor Sekretariat KPU Bangka Barat. Saat ini pihaknya sedang melengkapi berbagai kebutuhan yang akan ditampilkan dalam wahana itu.

Selain menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan kepemiluan, dalam Rumah Pintar Pemilu juga akan ditampilkan informasi lain, seperti sejarah penyelenggaran pemilu, partai peserta pemilu dari masa ke masa, peserta pemilihan kepala daerah dan miniatur tata cara pemungutan suara di TPS.

Selain dilengkapi dengan fasilitas untuk kenyamanan, para pengunjung juga disuguhi berbagai infografis dan literatur dari berbagai sumber yang seluruhnya berisi tentang kepemiluan.

"Kami berupaya agar Rumah Pintar Pemilu bisa tampil menarik agar banyak dikunjungi masyarakat sehingga target mengedukasi bisa terpenuhi," kata dia.

Pihaknya juga sedang melakukan komunikasi dengan penyelenggara pemilu di tingkat pusat agar bisa menghadirkan sejumlah film dokumenter mengenai sejarah pelaksanaan pemilu di Indonesia.

Sampai saat ini pihaknya masih melakukan persiapan materi isi Rumah Pintar Pemilu tersebut agar bisa selesai tepat waktu.

"Kami rencanakan pada 8 Mei 2018 bisa diresmikan," kata dia.

Rumah Pintar Pemilu itu diharapkan mampu menjadi wahana edukasi yang bermutu untuk masyarakat sehingga ke depan akan semakin banyak warga yang peduli dalam setiap pelaksanaan pemilu dan mampu meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan presiden.

"Rumah Pintar Pemilu itu diharapkan dapat menjadi wisata edukasi, khususnya untuk para pemilih pemula," kata dia.(*)