Resmikan gedung RSI Yarsi Simpang Empat, Nasrul Abit: tingkatkan pelayanan

id Nasrul Abit,RSI Yarsi Simpang Empat

Resmikan gedung RSI Yarsi Simpang Empat, Nasrul Abit: tingkatkan pelayanan

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit didampingi Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat meresmikan gedung Safa Marwa RSI Yarsi Ibnu Sina Simpang Empat, Rabu (25/4). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit menekankan kepada jajaran Rumah Sakit Islam Yarsi Ibnu Sina Simpang Empat agar meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Kebutuhan pelayanan yang baik saat ini mau tidak mau harus ditingkatkan terutama dibidang kesehatan," katanya saat meresmikan Gedung Safa Marwa Rumah Sakit Islam Yarsi Ibnu Sina Simpang Empat, Rabu.

Menurutnya, dengan adanya gedung baru ini maka pelayanan kepada masyarakat akan bisa ditingkatkan. Selain itu juga diharapkan sarana prasarana dan kualitas sumber daya manusia juga ditingkatkan.

"Apalagi RSI Yarsi Ibnu Sina ini merupakan rumah sakit yang sudah lama berditi. Tentu peningkatan pelayanan harus diutamakan," ujarnya.

Selain itu, katanya, Pemkab Pasaman Barat juga tidak kalah semangatnya untuk pembangunan di bidang kesehatan. Pemkab Pasaman Barat akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah yang refresentatif dan Rumah Sakit Pratama Ujung Gading.

"Tentu persaingan ini sangat sehat dalam rangka pemenuhan kebutuhan layanan kesehatan. Tentu pelayanan harus ditingkatkan," katanya.

Bupati Pasaman Barat Syahiran memberikan apresiasi kepada RSI Yarsi Ibnu Sina yang telah membangun gedung refresentatif yang akan meningkatkan daya tampung pasien. Bahkan dilengkapi dengan sarana prasarana yang modern.

"Masalah kesehatan merupakan isu strategis yang harus dikeroyok bersama-sama dalam rangka pemenuhan layanan kesehatan terhadap masyarakat," katanya.

Menurutnya, Pemkab Pasaman Barat juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan.

Salah satunya adalah pada tahun 2018 ini, pihaknya akan meningkatkan pembangunan RSUD Jambak dan membangun Rumah Sakit Pratama di Ujung Gading.

"Selain itu kita juga meningkatkan kualitas sumber daya perawat, dokter dan tenaga medis lainnya. Kita berharap masyarakat dapat terlayani dengan baik," katanya.

Ketua Yayasan RSI Yarsi Ibnu Sina, Zainul Daulai mengatakan pembangunan gedung baru ini merupakan bentuk karya bakti memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan perlengkapan yang sudah modern.

"Kami berharap dukungan semua pihak dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat Pasaman Barat dapat terlayani dengan baik," harapnya.

Direktur RSI Yarsi Ibnu Sina Simpang Empat, Dr. Agung Mulia menambahkan gedung baru yang terdiri dari empat lantai tersebut saat ini sudah dimanfaatkan sampai ke lantai tiga.

Di lantai satu terdapat fasilitas pelayanan kesehatan seperti poliklinik rawat jalan, apotik dan pelayanan kesehatan lainnya.

Sedangkan di lantai dua dan lantai tiga ruang perawatan yang berjumlah 60 ruang. Sementara di lantai empat terdapat ICU, kamar operasi dan lainnya.

"Semuanya sudah bisa melayani pasien dengan baik, ditambah dengan dua lift kiri dan kanan untuk mengangkut pasien," katanya.

Ia berharap dengan adanya penambahan ruangan ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (*)