TNKS bina pemuda Pesisir Selatan jadi pelaku ekowisata

id TNKS ,TNKS Pesisir Selatan

TNKS bina pemuda Pesisir Selatan jadi pelaku ekowisata

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Besar TNKS, Sahyudin memberikan sambutan pada kegiatan pembinaan pemuda Nagari Limau Gadang Lumpo. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) membina pemuda nagari (desa adat) Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadi pelaku ekowisata profesional.

"Pembinaan kami lakukan agar generasi muda berperan dalam pengembangan Air Terjun Lumpo yang berkedudukan di nagari tersebut," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Kerinci Seblat Wilayah III, Sahyudin di Painan, Selasa.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk keseriusan pihaknya dalam mendorong perecepatan pengembangan ekowisata Air Terjun Lumpo.

"TNKS akan membangun sarana dan prasarana dalam mendukung pengembangan Air Terjun Lumpo dan tentu saja sumber daya manusianya juga mesti dibangun," katanya lagi.

Hal tersebut dimaksudkan agar wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Lumpo selain terpesona karena keindahan alamnya, mereka juga nyaman dengan sambutan masyarakat di sana.

"Mereka yang kami bina akan disiapkan sebagai pemandu-pemandu ekowisata yang handal," ungkapnya

Pembinaan dilaksanakan selama dua hari yaitu 10-11 April 2018, kegiatannya dibuka oleh Kepala Balai Besar TNKS yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan TNKS Wilayah II Sumatera Barat serta dihadiri tokoh masyarakat dan juga pemuda setempat.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Al Ermon mengatakan mimpi masyarakat Lumpo menjadikan Air Terjun Lumpo sebagai destinasi ekowisata berskala nasional dan internasional sebentar lagi akan terwujud.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dinikmati wisatawan di lokasi tersebut diantaranya pemandangan air terjun yang mempesona, perbukitan yang indah hingga bermandi-mandi di lokasi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pesisir Selatan dan Kepala Balai Besar TNKS dalam mendorong menyiapkan sarana dan prasarana penunjang, semoga kedepannya kegiatan-kegiatan serupa terus dilakukan," ungkapnya.

Ia menambahkan tokoh masyarakat setempat akan terus mengawal tahapan kegiatan sebagai bentuk dukungan moral seputar kegiatan tersebut.