Wabup: KIA berikan banyak manfaat buat anak

id Wabup,Tanah datar

Wabup: KIA berikan banyak manfaat buat anak

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Batusangkar (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma mengatakan keberadaan Kartu Identitas Anak (KIA) dapat memberikan banyak manfaat bagi anak yang memilikinya.

"KIA mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi anak, seperti sebagai tanda pengenal, untuk persyaratan masuk sekolah, untuk transaksi keuangan, pelayanan kesehatan," katanya saat peluncuran KIA Tahun 2018 di SD Negeri 16 Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Jumat.

Ia mengatakan selain itu KIA juga dapat digunakan untuk mengurus berbagai keperluan lain, seperti pengurusan beasiswa, hal tersebut karena tidak semua masyarakat mampu membiayai pendidikan anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurutnya, melalui KIA maka pemerintah akan lebih mudah dalam memberikan pelayanan maupun perlindungan kepada anak, karena datanya sudah berlaku secara nasional.

Penerbitan KIA juga merupakan perwujudan kehadiran negara dalam peningkatan pelayanan publik, khususnya yang berkaitan dengan sadar akan kepemilikan dokumen kependudukan.

Selain itu, ia menyebutkan penerbitan KIA juga sejalan dengan program pemerintah pusat, yaitu 'Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) menuju sukses pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019'.*