Tekan angka kecelakaan, polisi sosialisasikan tertib berlalu lintas kepada ribuan ASN di Agam

id Syafrizal Nanin

Tekan angka kecelakaan, polisi sosialisasikan tertib berlalu lintas kepada ribuan ASN di Agam

Kasat Lantas Polres Agam, AKP Syafrizal Nanin menyosialisasikan tertib berlalu lintas kepada ribuan ASN di GOR Lubukbasung, Rabu (14/3). (Antara Sumbar/Yusrizal)

aya mengimbau agar seluruh ASN mematuhi aturan berlalu lintas, menggunakan helm SNI, jangan melawan arus, jangan menerobos lampu merah
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat menyosialisasikan tertib berlalu lintas kepada ribuan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerah setempat guna menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Agam AKP Syafrizal Nanin di Lubukbasung, Rabu, mengatakan sosialisasi ini diberikan sebelum ribuan ASN Pemkab Agam melakukan senam di lapangan GOR Lubukbasung, Rabu (14/3).

"Saya mengimbau agar seluruh ASN mematuhi aturan berlalu lintas, menggunakan helm SNI, jangan melawan arus, jangan menerobos lampu merah," katanya.

Sebelumnya polres juga mengadakan sosialisasi ke SMAN 2 Lubukbasung, SMKN 1 Lubukbasung, membagikan helm SNI, memasang baliho imbauan keselamatan di daerah rawan kecelakaan dan lainnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Operasi Keselamatan Singgalang yang diadakan pada 5-25 Maret 2018.

Selama operasi ini berlangsung polisi telah menegur 286 pengendara, dan mengeluarkan surat tilang sebanyak 77 lembar.

Sementara tujuan dari operasi ini dalam rangka mengurangi kasus kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres setempat.

Selama Januari sampai 14 Maret 2018, sebanyak 43 kasus kecelakaan terjadi, meninggal dunia dua orang dan luka ringan 41 orang.

Sementara pada 2017 sebanyak 196 kasus kecelakaan, meninggal dunia 25 orang, luka berat 20 orang, luka ringan 271 orang.

Pada 2016 sebanyak 180 kasus, meninggal dunia 26 orang, luka berat 12 orang, luka ringan 277 orang.

"Kita berharap pada tahun ini kasus kecelakaan ini berkurang di daerah itu," kata mantan Kasat Lantas Polres Sijunjung.

Salah seorang ASN Pemkab Agam, Hasneril mengatakan sosialisasi tertib berlalu lintas ini sangat dibutuhkan karena masih ada ASN yang tidak mengerti tentang tertib berlalu lintas.

"Saat ini masih ada ASN yang menerobos lampu merah, tidak menggunakan helm SNI, tidak memakai sabuk pengaman dan lainnya," katanya.

Ke depan pihaknya berharap Sat Lantas Polres setempat rutin mengadakan sosialisasi ke ASN, hal ini bisa pada saat apel gabungan. (*)

Teks foto

Kasat Lantas Polres Agam, AKP Syafrizal Nanin menyosialisasikan tertib berlalu lintas bagi ribuan ASN di lapangan Gor Lubukbasung, Rabu (14/3). Yusrizal