Pemkab Mentawai matangkan pengusulan jalan Siberut jadi jalan nasional

id Mentawai,Jalan,Trans mentawai,Jalan siberut

Pemkab Mentawai matangkan pengusulan jalan Siberut jadi jalan nasional

Bupati Yudasabaggalet usai rapat pematangan pengusulan jalan siberut jadi jalan nasional (Ist)

Tuapeijat (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai membahas persiapan pengusulan jalan Sinerut menjadi jalan strategi nasiona sehingga proses pembangunan dapat diselesai cepat.

Pembahasan ini sehari setelah kunjungan dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bersama Forum Koordinasi Pemimpin Daerah (Forkopimda) ke Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Rapat langsung dihadiri bupati dan wakil bupati Mentawai, guna jelas progres tindaklanjut yang akan dilakukan.

Rapat tindak lanjut tersebut menghadirkan Asisten Bupati, Sekda, dan Kepala OPD di ruang rapat Bupati pada Kamis, 1 Maret 2018.

Keberadaan infrastruktur untuk menunjang transportasi darat di Kepulauan Mentawai sangat penting untuk memudahkan masyarakat.

Berikut data progress perkembangan pembangunan jalan trans Mentawai dari pemaparan Wagub Sumbar ketika pertemuan di ruang Bappeda.

Jadi, untuk wilayah Siberut sudah dikerjakan sepanjang 84 kilometer dari panjang jalan 187 kilometer, pembiayaan bersumber dari APBD Mentawai sementara yang belum dibangun sepanjang 103 kilometer.

Di Pulau Sipora sudah dikerjakan sepanjang 39 kilometer dari total 77 kilomter sementara yang belum ada sekitar 37 kilometer. Biaya pembangunan jalan trans Mentawai di pulau Sipora ada sebagian dibiayai dari APBN.

Lalu di Pagai Utara jalan trans Mentawai yang sudah dibangun sepanjang 15 kilometer dari APBD Mentawai sementara yang belum dibangun sepanjang 37 kilometer, total panjang jalan 63 kilometer, dan di Pagai Selatan belum ada di bangun dari APBD Mentawai karena jalan yang saat ini digunakan merupakan jalan yang dibangun dari perusahaan PT. Minas Pagai Lumber.

Untuk tahun 2018, ada beberapa jalan trans Mentawai yang sedang dikerjakan diwilayah Siberut yang dananya bersumber dari APBD Mentawai yakni Subelen-Sotboyak, Subelen-Sirisurak, Maileppet-Saliguma, Rogdok-Mabukkuk, Sirilanggai-Monganpoula-Sotboyak, Saliguma-Sirisurak dan Labuan Bajau-Sigapokna.

Di Pulau Sipora sedang dibangun menghubungkan Sioban-Katiet dananya bersumber dari APBN, berikutnya di Pagai Utara sedang dikerjakan di Matobe-Saumanganya, dan Mapinang-Saumanganyak. Kemudian di Pagai Selatan antara Simpang Kartini-Kinumbuk, STA 21-21 dan di Polaga-Kilometer 37.***