Puncak HPN, 120 petugas kebersihan dikerahkan di Pantai Cimpago

id petugas kebersihan,HPN,Puncak HPN,Pantai Cimpago

Puncak HPN, 120 petugas kebersihan dikerahkan di Pantai Cimpago

Petugas kebersihan. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc/17.)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar akan meengerahkan 120 petugas kebersihan di kawasan Pantai Cimpago dan sekitarnya yang menjadi lokasi puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Kamis (9/2). Petugas kebersihan yang terdiri atas organik dan relawan tersebut akan disiagakan di sekitar Pantai Cimpago, Muaro Lasak dan Purus.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Padang serta relawan kebersihan untuk siaga khususnya bila terjadi hujan saat kegiatan puncak HPN tersebut, " kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Padang, Medi Iswandi menanggapi informasi BMKG terkait kemungkinan hujan pada puncak HPN besok di Padang, Kamis.

Menurutnya memperbanyak petugas dan relawan ini penting bila terjadi hujan untuk membersihkan sampah yang mungkin menumpuk di pantai akibat terbawa arus.

Selain itu juga untuk mengantisipasi banyaknya pengunjung dan tamu peserta HPN yang diprediksi datang ke pantai Cimpago mengingat akan ada presiden dan tokoh lainnya di kegiatan itu.

Petugas kebersihan tersebut akan disiagakan di sekitar Pantai Cimpago, Muaro Lasak dan Purus.

Selain menambah petugas kebersihan pihaknya juga akan mengarahkan pedagang untuk disiplin dalam berjualan.

Dalam hal ini pihaknya bersama Satpol PP akan mensterilkan pedagang yang berjualan di area kegiatan.

Beberapa pedagang tersebut akan digeser ke pantai Purus atau Muaro Lasak.

Di samping itu pedagang gerobak atau pedagang makanan keliling akan diperintahkan untuk menyiapkan plastik atau tempat sampah.

Sebelum acara puncak pihaknya akan melakukan pengawasan dan peninjauan di lokasi tersebut untuk memastikan kebersihannya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang, Al Amin mengatakan antisipasi terkait kebersihan di sekitar kegiatan HPN memang fokus pemerintah, termasuk melakukan pembersihan setiap usai acara serta mengimbau wisatawan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Terlebih kami juga telah menerapkan sanksi bagi pembuang sampah sembarangan tidak peduli pendatang atau warga asli.

Sementara itu sebelumnya BMKG memperkirakan hujan ringan turun di Kota Padang saat malam puncak Hari Pers Nasional pada Jumat (9/2).

"Namun kami memperkirakan dari pagi hingga sore hari cuaca di Padang cerah berawan, dan malamnya hujan dengan intensitas ringan," kata Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padang Pariaman, Budi Samiadji. (*)