Pemkab sediakan 300 ribu benih ikan untuk kelompok pembudidaya di Pasaman Barat

id Benih ikan

Pemkab sediakan 300 ribu benih ikan untuk kelompok pembudidaya di Pasaman Barat

Benih ikan. (cc)

Kita juga menjalankan program asuransi mandiri untuk perpanjangan bagi nelayan yang sudah pernah mendapatkan asuransi sebelumnya
Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan sekitar 300 ribu benih ikan diberikan kepada kelompok pembudidaya ikan di daerah itu.

"Itu target kita untuk meningkatkan produksi ikan di tengah masyarakat. Bantuan benih ikan itu akan diambil dari Balai Benih Ikan (BBI) yang ada," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pasaman Barat, Zulfi Agus di Simpang Empat, Rabu.

Sejumlah program akan dijalankan pada 2018 dalam rangka meningkatkan produksi ikan yang ada. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan benih ikan kepada kelompok budidaya ikan.

Selain itu pihaknya juga akan memberikan serrifikat hak atas tanah nelayan sebanyak 200 persil, program asuransi nelayan untuk memberikan perlindungan terhadap nelayan kecil.

"Kita juga menjalankan program asuransi mandiri untuk perpanjangan bagi nelayan yg sudah pernah mendapatkan asuransi sebelumnya," tambahnya.

Pihaknya juga menyediakan bantuan alat penangkapan Ikan dan alat bantu penangkapan ikan, pogram pengembangan kolam air deras dan pengembangan tambak udang vaname.

"Selain itu memfasilitasi sertifikasi kelayakan pengolahan bagi kelompok pengolah ikan dan bantuan alat pengolah ikan bagi kelompok pengolah ikan," jelasnya.

Ia mengharapkan kepada semua pihak dapat mendukung program selama 2018 ini, sebab tanpa dukungan semua pihak program itu tidak akan berjalan dengan baik.

"Itu adalah diantara program yang akan dijalankan pada 2018 ini. Pihaknya juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia nelayan dengan berbagai pelatihan dan sosialisasi," ujarnya. (*)