Jumlah Penyelenggara UNBK Tingkat SMP di Pasaman Barat Bertambah

id UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Jumlah sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer tingkat SMP di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada 2018 mengalami bertambah dibandingkan tahun lalu, dari empat sekolah menjadi 12.

Menurut Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat, Syamsul Bahri mengatakan saat ini terdapat 12 sekolah yang menyatakan akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebelumnya hanya empat sekolah.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya peningkatan jumlah peserta seiring dengan membaiknya sejumlah sarana disekolah penyelenggara," katanya.

Ia mengatakan 1.825 siswa tingkat SMP melaksanakan UNBK dan 1. 580 siswa di tingkat MTS akan melaksakan UBK nantinya sedangkan sisanya melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Ia menjelaskan sebagian besar sekolah penyelenggaran UNBK merupakan sekolah yang barada di pusat kecamatan atau kabupaten.

Beberapa sekolah diantaranya ada yang menumpang untuk melaksanakan ujian ke sekolah lain akibat minimnya jumlah komputer.

Ia memprediksi jumlah pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Pasaman Barat akan terus meningkat seiring dengan perbaikan dan penambahan sarana yang tengah dilakukan oleh sekolah baik berupa komputer maupun instalasi jaringan internet.

Ia menambahkan beberapa persiapan sudah untuk peserta UNBK sudah dilakukan oleh sekolah penyelenggara. Diantaranya simulasi UNBK agar siswa terbiasa dengan komputer.

Kemudian merencakan kegiatan sekolah sore untuk mematangkan materi yang akan diujikan pada saat ujian nantinya.

"Mudah-mudahan pelaksanaan UNBK di Pasaman Barat nantinya dapat berjalan dengan baik. Tentunya berbagai persiapan akan dilakukan semaksimal mungkin," katanya.(*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar