Tahun ini, 3.571 pelajar SLTP Payakumbuh bakal ikuti UNBK

id UNBK,Dinas Pendidikan Payakumbuh,Berita Payakumbuh,Berita Sumbar

Tahun ini, 3.571 pelajar SLTP Payakumbuh bakal ikuti UNBK

Dokumentasi - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/ama)

Payakumbuh (ANTARA) - Data Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, pada 2020 terdapat 3.571 pelajar SMP dan MTs di daerah itu yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion di Payakumbuh, Rabu menyebutkan jumlah peserta UNBK 2020 yang berasal dari 17 SMP dengan jumlah peserta didik 2.822 orang, sementara MTs sebanyak 749 siswa dari enam madrasah.

Untuk pelaksanaan, ia menyebutkan seluruh SMP di Payakumbuh baik negeri atau pun swasta pada tahun ini telah melaksanakan UNBK mandiri. Sedangkan untuk MTs masih ada dua sekolah yang masih bergabung.

"Dalam tiga tahun terakhir, kami terus menganggarkan dan mengusahakan agar ada penambahan komputer untuk sekolah. Sehingga seluruh SMP telah dapat melaksanakan UNBK," sebutnya

Terkait persiapan, ia menyebutkan pihaknya terus mendorong memperkuat kemampuan siswa dan kemampuan guru di daerah tersebut.

"Di sekolah-sekolah ada program sukses ujian nasional. Di sana itu ada penambahan bekal untuk siswa, memperkuat kemampuan anak-anak untuk di mata pelajaran yang di UN kan," ujarnya.

Selanjutnya, Disdik Payakumbuh juga memperkuat kemampuan siswa untuk menelaah materi-materi ujian. Terakhir, pihaknya juga menambah intensitas pembelajaran bagi siswa.

"Meski menambah intensitas, kami tidak ingin menambah beban dan menurunkan mental dari siswa," sebutnya.

Sedangkan untuk guru-guru, Disdik juga terus mendorong dalam meningkatkan penguasaan materi UN. Salah satunya Ada dengan pelaksanaan diklat penguatan kompetensi guru.

"Kita juga melaksanakan diklat untuk guru-guru terkait kisi-kisi. Karena ketika guru menguasai seluruh materi yang di UN kan, InsyaAllah anak-anak juga akan lebih mudah untuk mengerti," ujarnya.

Pada tahun sebelumnya, kata dia, untuk SMP Kota Payakumbuh menempati posisi ke tiga di Sumbar. Disdik Payakumbuh menargetkan capaian pada tahun ini dapat meningkat dari tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah dalam dua tahun terakhir capaian kita terus membaik. Insya Allah tahun ini akan kita tingkatkan lagi," sebutnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar