Kopertis X Upayakan Perkuat Sinergi dengan Kampus

id Herri

Kopertis X Upayakan Perkuat Sinergi dengan Kampus

Koordinator Kopertis X, Prof Herri. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mengupayakan memperkuat sinergi dengan pengelola kampus swasta yang ada di bawah pengawasannya pada 2018.

"Kami telah mendapat arahan dari Kementerian untuk meningkatkan kesamaan persepsi dalam mengupayakan kemajuan kampus, " ujar Koordinator Prof Herri di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan beberapa hal yang akan ditingkatkan yakni berkaitan kebijakan baru Kemenristekdikti antara lain sistem akreditasi daring, pangkalan data dikti dan pengelolaan jurnal.

Menurutnya upaya yang dilakukan melalui peningkatan pelayanan kepada elemen kampus.

Saat ini pihaknya telah membuka pelayanan dari beragam arah mulai dari layanan terpadu atau secara daring dari laman resmi lembaga.

Pada kedua sistem ini masyarakat kampus dapat memanfaatkannya secara maksimal tentang informasi dan perkembangan pendidikan tinggi.

Termasuk melihat peluang kerja sama, seminar, kuliah ,pelatihan, beasiswa hingga konsultasi akreditasi.

"Sinergi juga akan diupayakan melalui diskusi dan konsultasi antar lembaga, " ujar dia.

Dalam hal ini tugas pokok Kopertis dalam pengawasan, pengendalian, pembinaan mengharuskan adanya pemantauan langsung ke kampus, hal ini juga bisa upaya menyamakan persepsi.

Di 2018 Kopertis juga akan meningkatkan intensitas pengadaan kuliah umum dan seminar guna meningkatkan kemampuan perangkat kampus.

Dia berharap kampus bisa lebih cepat dan memajukan pembangunan institusinya seperti peningkatan nilai akreditasi.

Sementara itu Rektor Universitas Baiturrahmah Padang, Prof Musliar Kasim mengatakan pihaknya akan mendukung Kopertis dalam upaya meningkatkan pengembangan kampus swasta di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Menurutnya sejauh ini upaya Kopertis telah optimal tinggal saja penguatan pada kinerja wasdalbin.

Dia berharap ke depan Kementerian lebih memberikan kesempatan kampus swasta bereksistensi. (*)