LLDIKTI Wilayah X siap fasilitasi PTS lakukan kerja sama

id berita padang,berita sumbar,LLDIKTI,Profesor Herri,kerjasama,PTS

LLDIKTI Wilayah X siap fasilitasi PTS lakukan kerja sama

LLDIKTI Wilayah X adakan pertemuan secara daring. (antarasumbar/Istimewa)

Kami siap memfasilitasi PTS untuk melakukan penjajakan serta mewujudkan kerja sama
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyatakan siap untuk memfasilitasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan kerjanya dalam melakukan kerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kinerja.

"Kami siap memfasilitasi PTS untuk melakukan penjajakan serta mewujudkan kerja sama. Berbagi informasi untuk menguatkan perguruan tinggi dan saling mengisi kekurangan yang ada," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Kamis.

Menurutnya banyak hal yang bisa dilakukan PTS dalam menjalin kerja sama nantinya. Misalnya, dalam konteks merdeka belajar, PTS bisa mencari kelompok kampus yang berada dalam klaster yang sama, dan memiliki kebutuhan yang sama.

"Akan tetapi, tentu kerja samanya tidak hanya di atas kertas saja, maka perlu ditindaklanjuti dan dikembangkan pelaksanaannya dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi," jelas dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan perguruan tinggi ibarat sebuah organisasi. Bahkan dalam praktik penyelenggaraan pendidikan yang bermutu masing-masing perguruan tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan.

"Oleh karena itu, dalam peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi penjajakan kerja sama perlu dilakukan dengan cara saling berbagi kekuatan, baik itu sumber daya manusia, sistem, dan saling berbagi untuk kemajuan pendidikan tinggi," terang dia.

Menurut dia dengan kerja sama berdasarkan kebutuhan akan menciptakan sinergi yang akan membantu pencapain tujuan masing-masing pihak. Pengetahuan dan keterampilan dibutuhkan dalam menyukseskan kerja sama tersebut.

Lebih lanjut, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja Sama Politeknik Negeri Padang Alhapen Ruslin Chandra, SE, mengatakan kerja sama yang dilakukan perguruan tinggi penting dilaksanakan untuk menyiapkan mahasiswa yang bermutu.

ia juga menjelaskan perguruan tinggi perlu membuat perencanaan kerja sama yang sesuai dengan profil program studi. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi itu sendiri. Kemudian juga dapat mencetak lulusan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi sesuai dengan kebutuhan industri.

"Selain itu, kerja sama juga menguntungkan perguruan tinggi dalam hal promosi, reputasi, kepercayaan, networking, kontribusi bagi masyarakat dan industri serta menimbulkan kepercayaan diri mahasiswa," tambah dia.

Kemudian, ia berpesan dalam menjalin hubungan baik dengan pihak luar perlu mengutamakan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan, mempertimbangkan keberagaman budaya, mengutamakan kepentingan nasional dan kontribusi pada peningkatan daya saing bangsa, berbasis indikator kinerja, efektif, dan efisien.

“Agar hasil dari kerja sama dapat dioptimalkan perguruan tinggi diharapkan melakukan tahapan seperti penjajakan, pengkajian, pengesahan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan, pengembangan program, pemutusan, perubahan atau perpanjangan kerja sama,” lanjut dia. (*)